Suasana rapat paripurna (Foto:MI/M Irfan)
Suasana rapat paripurna (Foto:MI/M Irfan)

Kata Bamsoet Soal Sedikitnya Peserta Rapat Paripurna

Nasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 10 Juli 2019 13:58
Jakarta: Rapat paripurna DPR RI kembali menjadi sorotan. Terlihat hanya sedikit anggota dewan hadir mengikuti rapat paripurna pada Selasa, 9 Juli 2019 malam.
 
Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang ditanya wartawan menjawab, tidak mau mempermasalahkan hal tersebut.
 
"Harusnya kamu tanya kenapa anggota DPR lebih banyak di DPR. Harusnya kalian bangga anggota DPR bekerja di daerah," kata Bamsoet saat dijumpai di lobi Gedung Nusantara III Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu, 10 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Golkar itu beralasan, minimnya jumlah anggota menghadiri rapat karena banyak yang sedang bertugas di luar. Misalnya, kunjungan kerja (kunker) di dalam atau luar negeri. "Itu semua dalam rangka pekerjaan mereka. Bisa dicek di komisi-komisi," kata Bamsoet.
 
Bamsoet juga menegaskan, sedikitnya anggota dewan yang hadir bukan berarti rapat paripurna merupakan agenda tidak penting. Agenda pengambilan keputusan paling tertinggi itu tetap bisa dilakukan, meski sedikit anggota hadir. Sebab, izin yang disampaikan oleh mereka yang absen dianggap memenuhi kuorum.
 
"Dan sesuai aturan, kuorum tercapai karena izin itu menutup kuorum dan jumlah fraksi terpenuhi. Jadi sudah diatur. Rapat paripurna itu sangat penting," ujar Bamsoet tegas.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif