Ketua DPR RI Puan Maharani (Foto:Antara/Muhammad Adimaja)
Ketua DPR RI Puan Maharani (Foto:Antara/Muhammad Adimaja)

Ketua DPR: Membangun Bangsa Tidak Harus Duduk di Kabinet

Nasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 28 Oktober 2019 18:19
Jakarta: Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan, membangun bangsa dan negara tidak harus terlibat dalam kabinet. Kontribusi untuk negara bisa dilakukan melalui banyak cara.
 
Hal itu disampaikan oleh Puan menyikapi permintaan maaf yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku tidak bisa mengakomodir semua pihak, khususnya pihak yang tergabung dalam koalisi Jokowi-Ma'ruf dalam susunan Kabinet Indonesia Maju.
 
"Membangun bangsa tidak harus di kabinet, bisa juga di tempat lain," kata Puan, di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin, 28 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus PDI Perjuangan itu menyebutkan upaya membangun bangsa harus dilakukan bersama. Namun, tidak semua pihak masuk dalam susunan kabinet.
 
"Karena sebenarnya kementerian/lembaga bukan hanya tiba-tiba untuk mengakomodir, tapi juga bagaimana orang yang diplih dan dilantik adalah orang yang memang punya kapasitas dan kapabilitas dalam bekerja sama dengan presiden dan wakil presiden. Jadi, enggak mungkin semuanya bisa masuk ke kabinet," katanya.
 
Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo blak-blakan mengenai sulitnya membentuk Kabinet Indonesia Maju untuk lima tahun ke depan. Menurut Jokowi, ia menerima 300 nama calon menteri.
 
"Ini pekerjaan yang sangat berat. Nama yang masuk lebih dari 300 orang. Padahal jumlah menteri cuma 34," kata Jokowi saat menghadiri pembukaan Musyawarah Besar X Pemuda Pancasila di The Sultan Hotel, Jakarta, Sabtu, 26 Oktober 2019.
 
Jokowi pun menyampaikan permohonan maaf karena tak dapat mengakomodir semua pihak. Namun begitu, menurut Jokowi, Pemuda Pancasila harus tetap bangga karena beberapa kadernya menempati posisi-posisi penting.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif