Kongres XV KNPI. Foto: Metro TV
Kongres XV KNPI. Foto: Metro TV

Penolakan atas Kongres Lanjutan KNPI Menguat

Nasional kepemudaan
Thomas Harming Suwarta • 05 Januari 2019 20:00
Jakarta: Dukungan untuk menolak kongres lanjutan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menguat. Setelah diinisiasi Pemuda Demokrat Indonesia, DPP Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Front Marhaenis juga ikut menolak.
 
Ketua Umum DPP GMNI Robaytullah Kusuma Jaya menjelaskan tidak ada alasan substansial untuk mengadakan kongres lanjutan. Mengingat, kongres yang telah terselenggara di Bogor sudah sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku dan disepakati bersama.
 
"Semua sudah dilakukan sesuai mekanisme organisasi dan proses yang demokratis. Lantas untuk apa kongres lanjutan? Kami jelas menolak," ujar Robaytullah, Sabtu, 5 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menegaskan DPP GMNI, DPP Pemuda Demokrat, dan DPP Gerakan Siswa Nasional Indonesia (GSNI) atau biasa disebut organisasi Front Marhaenis tak menginginkan adanya perpecahan di tubuh organisasi yang menaungi elemen pemuda tersebut. Bagi Robaytullah, KNPI harus mengutamakan persatuan sesuai amanat Sumpah Pemuda serta harus mencerminkan cita-cita Sumpah Pemuda 1928.
 
“Konflik internal di tubuh organisasi pemuda harus segera kita akhiri. Kita harus menghormati proses yang sudah berjalan dan menerima segala sesuatunya dengan bijaksana. Utamakan persatuan," kata dia.
 
Di tahun-tahun politik saat ini, menurutnya, tak menutup kemungkinan banyak pihak yang berkepentingan atas kontestasi yang terjadi di dalam tubuh organisasi pemuda. Seringkali organisasi pemuda menjadi ajang perebutan kekuasaan.
 
Baca: Kongres Lanjutan KNPI Ditolak
 
"Organisasi pemuda memiliki tugas moral sebagai kalangan cendekiawan untuk berpihak pada kepentingan yang lebih besar yakni kepentingan masyarakat. Mengabdi untuk kebaikan bangsa dan negara."
 
"Bagi saya tidak ada alasan yang mendasar untuk adanya kongres lanjutan. Sudah saatnya KNPI berhenti hanya menjadi ajang perebutan kekuasaan. Kita pikirkan kepentingan yang lebih besar," kata Robaytullah.
 
Kongres KNPI yang berlangsung di Kota Bogor, Jawa Barat, pada 18-22 Desember 2018 telah berakhir. Haris Pertama terpilih sebagai ketua umum DPP KNPI periode 2018-2021.
 

 

(UWA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif