Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan arahan dalam pembekalan calon anggota legislatif Pemilu 2019 di Jakarta. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay.
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan arahan dalam pembekalan calon anggota legislatif Pemilu 2019 di Jakarta. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay.

Megawati: Hari Ibu Momentum Gerakan Politik Perempuan

Nasional peringatan hari ibu
Arga sumantri • 19 Desember 2018 00:47
Jakarta: Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri menyebut Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember merupakan momentum politik bagi kaum perempuan. Hari Ibu menandai gerakan perempuan yang memiliki kontribusi sama dengan kaum laki-laki.
 
"Hari Ibu adalah hari bersejarah untuk merayakan gerakan politik perempuan Indonesia," kata Megawati, di Jakarta, Selasa, 18 Desember 2018.
 
Megawati teringat Kongres Perempuan Pertama di Yogyakarta pada 22 hingga 25 Desember 1928. Kala itu adalah masa penjajahan kolonial yang semua akses sangat sulit. Sebanyak 30 organisasi perempuan berkumpul, bermusyawarah dan bermufakat untuk terlibat aktif dalam merintis Indonesia Merdeka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perempuan-perempuan pendiri bangsa tersebut, The Founding Mothers of Indonesia, mengusung gagasan tentang Persatuan Perempuan Nusantara," ujarnya.
 
Megawati bercerita, kala itu para aktivis perempuan memperjuangkan lahirnya kebijakan untuk pembangunan bangsa. Misalnya, perbaikan gizi dan kesehatan bagi ibu dan balita, pelarangan usia dini pernikahan, masalah pendidikan bagi perempuan, termasuk kesetaraan upah bagi pekerja laki-laki dan perempuan.
 
Sebagai bentuk penghargaan terhadap gerakan dan perjuangan kaum perempuan Indonesia, kata Megawati, Presiden Soekarno mengeluarkan Dekrit Presiden Nomor 316 Tahun 1959. Dekrit tersebut menetapkan 22 Desember sebagai Hari Ibu dan dirayakan secara nasional.
 
"Jas Merah, kata Bung Karno. Jangan sekali-sekali melupakan sejarah! Hari Ibu tidak ditujukan untuk merayakan peran domestik perempuan," pungkasnya.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi