Meningkatkan Integritas ASN demi Tekan Korupsi

Achmad Zulfikar Fazli 20 Oktober 2018 08:00 WIB
4 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK
Meningkatkan Integritas ASN demi Tekan Korupsi
Ilustrasi. Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pulang lebih awal pukul 14.00 selama bulan Ramadhan. Foto: MI/Pius Erlangga
Jakarta: Pemerintah terus berupaya meningkatkan integritas para Aparatur Sipil Negara (ASN). Cara itu dinilai ampun mencegah praktik korupsi.

Asisten Deputi Pembinaan Integritas dan Penegakan Disiplin Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Bambang mengatakan, korupsi terdapat dari hulu ke hilir. Ia melihat, banyak kasus korupsi menyangkut masalah integritas.

"KemenPAN RB masuk ke ranah itu, bagaimana menegakan integritas dan disiplin" kata Bambang kepada Medcom.id, Jumat, 19 Oktober 2018.


Menurut dia, sistem yang dibangun sedemikian rupa untuk mencegah korupsi tak akan berhasil jika integritas ASN buruk. Karena itu, KemenPAN RB terus bergerak membangunan integritas. 

"Bahkan di grand design pembangunan ASN yang sedang kita susun, itu ada di nomor satu integrity itu," ucap dia.

Baca: Pemerintah Berupaya Membersihkan Pejabat Korup

KemenPAN RB bersama beberapa kementerian dan lembaga terkait juga melakukan forum integrity. Forum itu untuk menguatkan integritas ASN.

Forum itu sudah dilakukan beberapa kali. Hasilnya, klaim dia, sangat positif dan mulai menguat di tubuh ASN.

"Kalau dulu pengaruh buruk sangat kuat sekali. Sekarang berkurang. Makanya kita membuat namanya budaya integritas itu," ujar dia.





(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id