ASN. Foto: MI/Ramdani
ASN. Foto: MI/Ramdani

PPPK Diusahakan Mendapat Jaminan Dana Pensiun

Nasional birokrasi pns Pensiunan PNS
Kautsar Widya Prabowo • 05 Januari 2021 16:03
Jakarta: Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menyebut pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) diusahakan bisa mendapat jaminan dana pensiun. Pemerintah berupaya meningkatkan kesejahteraan PPPK. 
 
Menurut dia, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), BKN, dan PT Taspen (Persero) tengah berdikusi ihwal dana pensiun bagi PPPK. Dana pensiun kemungkinan diberikan melalui skema asuransi bagi PPPK.
 
"Nah teman-teman Taspen siapkan skema, tinggal kebijakan pemerintah tetapkan pola pensiun PPPK ini (kemudian) dieksekusi oleh PT Taspen," kata Bima dalam konferensi pers virtual, Selasa, 5 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Tjahjo: Gaji ASN Tahun Depan Minimal Rp9 Juta
 
Dia mengakui pada dasarnya, sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), PPPK tidak mendapat jaminan dana pensiun. Namun, hal itu bukan berarti tidak boleh ada terobosan baru agar PPPK mendapatkan jaminan pada hari tuanya. 
 
"Ini upaya yang kami lakukan untuk kesejahteraan gaji, hak perlindungan, maupun kesempatan atau kemungkinan mendapat jaminan pascakerja atau pensiun," tutur Bima.
 
Saat ini, jaminan dana pensiun menjadi salah satu pembeda antara pegawai negeri sipil (PNS) dan PPPK. Pemerintah, kata Bima, berusaha agar PPPK dan PNS memiliki kesetaraan diakhir masa jabatannya sebagai abdi negara.
 
"Dengan perubahan sistem pensiun dan jaminan hari tua ini tidak terdapat perbedaan kesejahteraan PNS dan PPPK," ungkap Bima.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif