Presiden Joko Widodo. Dok: Medcom.id.
Presiden Joko Widodo. Dok: Medcom.id.

Jokowi: Pembangunan Harus Melibatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Nasional teknologi presiden joko widodo pandemi covid-19 Teknologi Kesehatan
Nur Azizah • 04 Mei 2021 11:48
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan perencanaan pembangunan harus melibatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan begitu, negara mampu mengantisipasi perubahan yang terjadi di dunia.
 
"Para perencana harus betul-betul mempertimbangkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, harus itu," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 4 Mei 2021.
 
Jokowi mengatakan negara harus responsif terhadap disrupsi yang membuat dunia berubah sangat cepat. Negara juga harus tanggap terhadap tantangan dan peluang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena apa yang terjadi itu sangat cepat, tidak kita duga, harus responsif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi," ucapnya.
 
Kepala Negara mencontohkan pandemi covid-19 yang terjadi saat ini. Menurut dia, semua negara mengandalkan teknologi untuk menghadapi berbagai permasalahan, mulai dari kesehatan, pendidikan, hingga keuangan.
 
Baca: Jokowi: Jangan Hanya Jadi Pengguna, Indonesia Harus Cetak Teknolog Andal
 
Jokowi mengatakan masyarakat kini tidak perlu datang ke rumah sakit untuk melakukan konsultasi setelah adanya heatlh tech. Bahkan, masyarakat bisa melakukan pemeriksaan dan pengobatan jarak jauh lewat teknologi.
 
Selain itu, siswa tidak perlu datang ke sekolah untuk belajar. Mereka bisa mendapatkan pembelajaran jarak jauh dengan mengandalkan teknologi.
 
"Perkembangan dan perencanaan harus mengantisipasi semua itu. Harus responsif terhadap disrupsi yang membuat dunia berubah sangat cepat," ucapnya.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif