Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik (tengah). Medcom.id/Yurike
Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik (tengah). Medcom.id/Yurike

Kemendagri Klaim Penjabat Kepala Daerah yang Dipilih Berkualitas

Nasional Kemendagri Kepala Daerah Penjabat kepala daerah
Yakub Pryatama Wijayaatmaja • 11 Mei 2022 23:52
Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeklaim figur yang akan mengisi posisi penjabat (Pj) kepala daerah ialah sosok yang berkualitas. Pemerintah telah membentuk tim yang bertugas memilih penjabat kepala daerah yang sesuai dengan kriteria dan berkualitas.
 
“Kami meyakini Pj-Pj yang hadir pada tahun ini adalah mereka yang memiliki kualifikasi yang bagus,” ujar Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik, Jakarta, Rabu, 11 Mei 2022.
 
Terdapat 101 daerah yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir pada 2022. Jumlah itu terdiri atas tujuh gubernur, 76 bupati, dan 18 wali kota.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebanyak 49 kepala daerah akan berakhir masa jabatannya pada Mei 2022. Terdiri atas lima gubernur serta 44 bupati dan wali kota.
 
Berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2017 dan UU Nomor 10 Tahun 2016 mengamanatkan 2024 akan dilaksanakan pemilu serentak dalam satu tahun, yaitu pemilu presiden, pemilu legislatif, dan pemilihan kepala daerah.
 
Baca: 5 Penjabat Gubernur Dilantik Besok
 
Akmal menjelaskan penjabat terpilih kepala daerah akan bertugas setahun. Apabila memiliki kinerja apik, Pj kepala daerah ini dapat ditunjuk kembali.
 
Akmal menegaskan Kemendagri terus memonitoring dan mengevaluasi kinerja Pj kepala daerah selama menjabat. Mereka juga wajib memberikan pertanggungjawaban kepada Presiden Joko Widodo melalui Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.
 
"Pertanggungjawaban mereka sampaikan tiga bulan sekali. Inilah mekanisme kontrol terhadap kinerja mereka ke depan,” ujar dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif