Mahkamah Konstitusi. Foto: Dok Medcom.id
Mahkamah Konstitusi. Foto: Dok Medcom.id

Partai Nonparlemen akan Gugat Presidential Threshold ke MK

Kautsar Widya Prabowo • 08 April 2022 23:25
Jakarta: Sejumlah partai nonparlemen akan menggugat ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) sebesar 20 persen ke Mahkamah Konstitusi (MK). Ketetapan ambang batas itu dinilai tak adil.
 
"Kita punya sikap konsisten kita dukung 0 persen," ujar juru bicara Partai Perindo Heri Budianto di Kantor DPP Perindo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 8 April 2022.
 
Heri menyebut partai politik nonparlemen yang mendukung keputusan tersebut yaitu Partai Berkarya, Partai Garuda, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan (PKP). Perindo juga telah menggelar pertemuan dengan jajaran partai tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: La Nyalla dan Yusril Gugat Ambang Batas Pencalonan Presiden Ke MK
 
"Suaranya sangat signifikan partai nonparlemen menembus 9,7 persen. Dan kami mendukung setiap langkah-langkah hukum di MK untuk perjuangkan presidential threshold 0 persen," jelas dia.
 
Heri mengatakan Perindo belum memiliki keputusan resmi akan mengusung Ketua Umumnya Hary Tanoesoedibjo sebagai calon presiden (capres) 2024. Namun, pihaknya bersama partai nonparlemen tengah membangun komunikasi untuk menyamakan pandangan dalam Pemilu 2024.
 
"Untuk mencalonkan siapa nanti atau dukung capres atau cawapres, soal siapa tentu momentumnya akan disampaikan Ketum. Saat ini belum ada nama," beber dia.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif