Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Rencana Jalur Sutra Darat dan Laut Tiongkok Munculkan Potensi Konflik

Nasional polri intel asean tiongkok indonesia-asean
Siti Yona Hukmana • 17 Februari 2021 16:05
Jakarta: Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri memprediksi munculnya konflik di negara-negara ASEAN. Prediksi itu terkait rencana pembuatan jalur sutra di darat dan laut di wilayah ASEAN oleh Tiongkok.
 
"Mulai Afrika, Eropa, Asia Tengah, Asia Selatan, sampai dengan Asia Pasifik, secara otomatis akan berpengaruh dengan adanya konflik di wilayah ASEAN," kata Karo Analis Baintelkam Polri, Brigjen Achmad Kartiko, dalam Rapat Pimpinan (Rapim) Polri 2021 di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 17 Februari 2021. 
 
Menurut Kartiko, potensi konflik itu membesar karena klaim Tiongkok atas sembilan garis putus-putus di wilayah regional beberapa negara. Klaim tersebut tersebar d Filipina, Malaysia, Brunei Darussalam, Vietnam, dan lainnya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kartiko juga menyoroti isu lain di Arab Saudi. Misalnya, kebijakan politik Arab yang menerapkan larangan perjalanan untuk 20 negara. 
 
"Ini berdampak kepada ibadah umrah dan haji di tahun 2021," ungkap Kartiko. 
 
Kemudian, dia memprediksi kemunculan konflik di tingkat nasional. Terutama yang berkaitan dengan lambang negara. Hal itu dinilai akan menjadi isu-isu fokus utama di Indonesia. 
 
"Yaitu serangan pribadi Presiden (Joko Widodo). Kemudian, menyerang wibawa pemerintah, menyerang harga diri dan kehormatan Polri," ujar jenderal bintang satu itu. 
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif