Ilustrasi sektor industri batu bara Indonesia. MI
Ilustrasi sektor industri batu bara Indonesia. MI

Jokowi Ogah Indonesia Sekadar Jadi Penghasil Batu Bara Mentah

Nasional batu bara presiden jokowi Hilirisasi Industri
Nur Azizah • 23 Oktober 2020 10:20
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan Indonesia menjadi negara pengolah bahan mentah batu bara. Indonesia harus mampu memberi nilai tambah pada batu bara yang ditambang di Indonesia.
 
"Kita semua harus bergeser dari negara pengekspor bahan-bahan mentah dan salah satunya adalah batu bara menjadi negara industri yang mampu mengolah bahan mentah menjadi barang jadi atau barang setengah jadi," kata Jokowi dalam rapat terbatas terkait Percepatan Peningkatan Nilai Tambah Batu Bara di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat, 23 Oktober 2020.
 
Baca: Asosiasi Dukung Hilirisasi Batu Bara

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk menuju negara penghasil barang jadi batu bara, pemerintah lebih dulu mengembangkan industri turunan atau hilirisasi batu bara. Mulai dari industri peningkatan mutu (upgrading), pembuatan briket, pencairan batu bara, gasifikasi batu bara, hingga industri campuran batu bara cair.
 
"Saya yakin dengan mengembangkan industri turunan batu bara ini dapat meningkatkan nilai tambah komoditas berkali-kali lipat," ujar Kepala Negara.
 
Selain hilirisasi industri, batu bara domestik dapat menyuplai bahan baku yang dibutuhkan industri dalam negeri seperti industri baja dan petrokimia. Strategi ini sangat penting Jokowi beriringan dengan pembukaan lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya.
 
"Karena itu saya minta roadmap optimalisasi batu bara dalam negeri betul-betul dipercepat dengan penerapan teknologi yang ramah lingkungan, tentukan strategi, tentukan produk hilir yang ingin kita kembangkan sehingga jelas arah mana yang akan kita tuju," ucap Jokowi.
 
Baca: Ekspor Batu Bara ke Negara Berkembang Masih Menjanjikan
 
Pria kelahiran Solo ini juga meminta kajian berapa banyak batu bara yang bakal diubah menjadi gas dan petrokimia. Pemetaan kawasan yang akan dikembangkan pun harus jelas.
 
"Pastikan wilayah yang memiliki cadangan sumber batu bara yang cukup untuk menjamin pasokan batu bara dalam hilirisasi ini," ujar Jokowi.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif