Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.

Airlangga Apresiasi Sikap Legawa Bamsoet

Nasional munas golkar
Whisnu Mardiansyah • 04 Desember 2019 04:00
Jakarta: Musyawarah Nasional (Munas) X Partai Golkar resmi dibuka. Dalam sambutannya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memuji sikap legawa kompetitor kuatnya Bambang Soesatyo yang mundur dari bursa pencalonan ketua umum.
 
"Yang kami banggakan Ketua MPR RI Mas Bambang Soesatyo. Terima kasih Mas Bambang Soesatyo membuka Musyawarah Nasional ini menjadi adem dan tenang," kata Airlangga dalam sambutannya di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Selasa, 3 Desember 2019.
 
Airlangga juga memuji Bamsoet sebagai kader terbaik yang dimiliki Partai Golkar. Lewat pertemuan yang difasilitasi oleh tokoh senior partai, Bamsoet menarik diri dari bakal caketum Partai Golkar demi soliditas dan keutuhan partai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya mau apresiasi setinggi-tingginya sore ini kami telah bertemu dan beliau menarik diri dari bursa pencalonan ketua umum," ucap Airlangga.
 
Kata Airlangga, Bamsoet kembali ke komitmen bersama mengedepankan persatuan dan soliditas partai. Soliditas Partai Golkar dibutuhkan sebagai salah satu partai pendukung pemerintah.
 
"Saya mengapresiasi keputusan tersebut, contoh konkret kedewasaan Partai Golkar itu pulalah yang menjadi cerminan demokrasi," ujar Airlangga.
 
Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) mundur sebagai calon ketua umum (caketum) Golkar. Keputusan ini diambil setelah Bamsoet menerima masukan dan saran tokoh senior Golkar.
 
"Dengan semangat rekonsiliasi yang telah disepakati bersama, demi menjaga soliditas dan keutuhan partai Golkar, maka saya pada sore hari ini menyatakan tidak meneruskan pencalonan saya sebagai kandidat ketua umum Partai Golkar untuk periode 2019-2024," kata Bamsoet di Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Selasa, 3 Desember 2019.
 
Munas ke-X berlangsung 3-6 Desember 2019. Agenda munas salah satunya pemilihan pucuk pimpinan partai pohon beringin itu.
 
Airlangga dipastikan akan maju sebagai calon petahana ketua umum Golkar. Airlangga akan bersaing dengan beberapa kader Golkar lainnya antara lain, Ridwan Hisjam, Ali Yahya, Achmad Annama, Indra Bambang Utoyo, Agun Gunandjar Sudarso, Derek Lopatty, dan Aris Mandji.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif