NEWSTICKER
Presiden keempat Indonesia Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Medcom.id
Presiden keempat Indonesia Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Medcom.id

Generasi Muda Diminta Contoh Sikap Gus Dur

Nasional haul gus dur
Candra Yuri Nuralam • 04 Januari 2020 19:24
Jakarta: Garda Pemuda NasDem (GP NasDem) meminta generasi muda mencontoh sikap Presiden keempat Indonesia Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Konsistensi Gus Dur untuk mewujudkan kebhinekaan harus jadi pedoman.
 
"Gus Dur adalah figur bapak bangsa yang konsisten antara ucapan dan tindakan. Konsistensi itu beliau wujudkan dengan pembelaannya terhadap kaum minoritas, perjuangan kemanusiaan, keadilan, persaudaraan, dan kesetaraan. Kita sebagai pemuda harus menghidupkan kembali nilai-nilai yang sudah diperjuangkan oleh Gus Dur," kata Sekretaris Jenderal GP NasDem Haerul Amri di Restoran Garuda, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu, 4 Januari 2020.
 
Amri mengatakan perkembangan teknologi membuat penyebaran informasi lebih cepat dan gampang. Kemudahan penyebaran informasi itu tak jarang jadi bibit perpecahan di tengah masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia meminta generasi muda bisa menangkal perpecahan tersebut. Generasi muda diminta menerapkan kembali sikap yang pernah diambil Gus Dur pada era sebelumnya.
 
"Di sini Iah pemuda harus mengambil peran untuk merawat keberagaman kita seperti yang pernah dilakukan Gus Dur," ujar Amri.
 
Wakil Ketua Umum GP NasDem Ivanhoe Semen ingin sosok Gus Dur menjadi tauladan kaum muda. Dia berharap kaum muda bisa menjadi garda terdepan mempersatukan bangsa.
 
Menurutnya, benih kebencian antarbangsa bakal hilang jika generasi muda meneladani sikap Gus Dur. Hal itu juga sejalan dengan konsep Indonesia Maju milik Presiden Joko Widodo.
 
"Dialog Kepemudaan hari ini diharap mampu mendorong terajutnya kembali keberagaman sebagai ciri khas bangsa Indonesia. Fokus dalam membangun Indonesia Maju," tutur Ivanhoe.
 
GP NasDem menggelar acara dialog kepemudaan dalam rangka haul Gus Dur dengan tajuk 'Pemuda Bhineka Merawat Indonesia'. Diskusi tersebut diikuti berbagai elemen organisasi pemuda keagamaan. Putri Gus Dur Inayah Wulandari, perwakilan Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Pemuda Muhammadiyah, GAMKI, dan Pemuda Katolik, menjadi pembicara dalam dialog tersebut.

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif