Golkar Umumkan Ketua DPR RI Baru Pekan Depan
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)
Jakarta: Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, partainya segera mengumumkan calon ketua DPR RI yang baru, pengganti Setya Novanto. Nama calon pimpinan legislatif akan diumumkan setelah rapat fraksi Partai Golkar.

"Kita akan rapat fraksi besok, diumumkan setelah rapat fraksi," kata Airlangga usai menghadiri acara HUT PDIP ke 45 di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Rabu 10 Januari 2018.

Selain membahas pergantian ketua DPR, Airlangga menyebut ada bebrapa hal lain yang akan dibahas dalam rapat fraksi tersebut. Di antaranya, soal revisi UU MD3, Pansus hak angket KPK, termasuk Pilkada.


Menurut menteri perindustrian itu, pergantian ketua DPR tidak harus menunggu revisi UU MD3 rampung. Revisi UU MD3 sendiri hingga kini masih dalam tahap finalisasi, bahkan jadi perdebatan antar fraksi. 

"Tidak harus menunggu revisi. Kita akan sampaikan minggu depan," ujar dia.

Airlangga masih tertutup soal nama calon kuat pengganti Novanto sebagai ketua dewan yang baru. Dia hanya menjelaskan, nama calon tidak jauh dari pemberitaan media.

Sebelumnya, mencuat tiga nama calon menggantikan Novanto. Ketiga nama itu antara lain Bambang Soesatyo, Agus Gumiwang Kartasasmita dan Zainuddin Amali.

"Opsinya semua yang ada di dalam media sudah tahu," pungkas Airlangga.



(JMS)