Helikopter Agusta Westland AW101,--Foto: Dok/https://en.wikipedia.org
Helikopter Agusta Westland AW101,--Foto: Dok/https://en.wikipedia.org

Polemik Helikopter VVIP

Tjipta Lesmana: Apa Urgensi Punya Helikopter?

Nasional helikopter
Yogi Bayu Aji • 29 November 2015 16:59
medcom.id, Jakarta: Pakar Komunikasi Politik Tjipta Lesmana mengkritik pembelian helikopter untuk Presiden Joko Widodo. Dia mempertanyakan keperluan pemerintah membeli 'capung besi' tersebut.
 
"Apa butuh helikopter? Apa urgensinya punya helikopter?" kata Tjipta dalam diskusi di Restoran Dua Nyonya, Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (29/11/2015).
 
Menurut dia, di dunia, amat jarang negara yang memiliki helikopter kepresidenan. Dia menilai, hanya negara sekelas Amerika Serikat saja yang menyediakan helikopter kelas very very important person (VVIP) untuk presidennya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika pemerintah keukeuh, lanjut dia, akan berdampak buruk bagi kepercayaan publik ke Jokowi. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu bisa dianggap tak berpihak lagi kepada masyarakat kecil.
 
Tjipta mencontohkan, bila nantinya helikopter itu digunakan Jokowi untuk blusukan ke wilayah dengan penduduk yang miskin. Mewahnya kendaraan yang ditumpangi Jokowi akan berbanding terbalik dengan kondisi masyarakat yang dia kunjungi.
 
"Umpamanya Jokowi naik heli ke Sukoharjo mau pesta panen. Masyarakat di sana miskin. Di mana empati presiden?" jelas dia.
 
Helikopter Kepresidenan sedang menjadi perbincangan publik. Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Agus Supriatna menjelaskan, pengadaan helikopter VIP untuk kepresidenan itu satu paket dengan pengadaan atau pembelian helikopter angkut berat baru TNI AU yang berkapasitas minimal empat ton.
 
Berdasarkan hasil kajian sebelum Rencana Strategis TNI AU 2015-2019 itu diterapkan, pilihan jatuh pada Agusta Westland AW-101 Merlin. Tentang helikopter ini, kata dia, unit baru yang akan dibeli nanti bukan semata untuk keperluan transportasi VIP kepresidenan dan tamu negara saja.
 

(MBM)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif