Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad/Istimewa.
Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad/Istimewa.

Semua Pihak Diminta Buang Ego Sektoral Soal Pengembangan Vaksin

Nasional Virus Korona covid-19 vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19 Vaksin Slank untuk Indonesia Vaksin Nusantara
Anggi Tondi Martaon • 17 Juni 2021 15:39
Jakarta: Semua pihak, terutama yang bersinggungan dengan pengembangan vaksin dalam negeri diminta mendukung program itu. Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengomentari hasil rapat dengar pendapat (RDP) Komisi VII terkait uji klinis tahap III metode terapi dendritik imunoterapi untuk covid-19 atau Vaksin Nusantara.
 
"Saya pikir soal vaksin mari melepas ego sektoral masing-masing," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 17 Juni 2021.
 
Pihak terkait, seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Bio Farma diminta tak egois soal izin pengujian vaksin. Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra itu menyebut imbauan itu untuk kepentingan masyarakat, bukan karena maksud tertentu.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: DPR Konsisten Dukung Uji Klinis Vaksin Nusantara
 
"Kita enggak mau juga dibilang kok DPR ikut-ikutan soal vaksin, kan DPR pernah dibilang seperti itu. Tetapi ini kan mengenai nasib masyarakat banyak," ungkap dia.
 
Dasco menegaskan berbagai inovasi menghadapi pandemi virus korona harus didukung. Termasuk, pengembangan vaksin yang dilakukan eks Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto.
 
"Saya pikir enggak ada masalah mau vaksin apa, yang penting dia sudah bisa disetujui fase I, fase II, ya dilanjutkan saja saya pikir," sebut dia.
 
Jangan sampai ego sektoral yang terjadi saat ini membuat Indonesia menyesal nantinya. Sebab, Metode serupa tengah dikembangkan di negara lain. 
 
"Jangan sampai kita berinisiasi duluan tapi kemudian negara lain yang berhasil menerapkan setelahnya," ujar dia.

Vaksin untuk Indonesia

Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.
 

 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif