Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Seluruh Stakeholders Harus Siapkan Skenario Pemilu Saat Pandemi

Nasional jadwal pemilu kpu pilkada pemilu pilkada serentak pandemi covid-19
Anggi Tondi Martaon • 09 September 2021 18:53
Jakarta: Seluruh pihak diminta mempersiapkan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan baik. Pasalnya, belum ada kepastian pemungutan suara bisa berlangsung dalam kondisi normal.
 
"Yang lebih penting bagi saya adalah skenario pemilu dan pilkada (pemilihan kepala daerah) serentak apabila masih dalam kondisi pandemi," kata Wakil Ketua Komisi II DPR Luqman Hakim dalam diskusi virtual, Kamis, 9 September 2021.
 
Salah satu hal yang harus dipersiapkan, yaitu perlindungan terhadap masyarakat dan penyelenggara. Hal ini diperlukan, baik di tingkat pusat hingga penyelenggara ad hoc.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, penyelenggara memiliki risiko paling besar jika Pemilu dan Pilkada 2024 dilaksanakan di tengah pandemi covid-19. Pasalnya, mereka menjadi ujung tombak pesta demokrasi.
 
Baca: Survei: Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Ganjar dan Anies Belum Mampu Kejar
 
"Keselamatan masyarakat dan penyelenggara itu diletakkan sebagai prioritas nomor satu," ungkap dia.
 
Protokol kesehatan (prokes) menjadi barang wajib. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap keamanan Pemilu dan Pilkada 2024.
 
"Penting bagi penyelenggara memiliki kemantapan untuk menyelenggarakan pesta demokrasi tanpa kekhawatiran sedikit pun," ujar dia.
 
Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk  https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif