Kabareskrim Komjen Idham Azis. ANT/Reno Esnir.
Kabareskrim Komjen Idham Azis. ANT/Reno Esnir.

Idham Azis Sosok Ideal Jadi Kapolri

Nasional Kabinet Jokowi-Maruf calon kapolri
Nur Azizah • 29 Oktober 2019 12:33
Jakarta: Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyebut Komjen Idham Azis sosok ideal mengisi posisi Kepala Kepolisian RI (Kapolri). Menurutnya, Idham memiliki kapabilitas dan kemampuan memimpin Korps Bhayangkara.
 
"Pak Idham Aziz memang sudah tepat untuk dicalonkan sebagai Kapolri, baik dari segi angkatan, kapabilitas dan kemampuan bekerja yang selama ini sudah kita lihat secara bersama-sama," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Selasa, 29 Oktober 2019.
 
Pelantikan Kapolri anyar masih terganjal pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) DPR. Struktur komisi DPR belum terbentuk hingga saat ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ya itu tergantung mekanisme di Komisi 3. Kalau komisi 3 memang telah memutuskan akan menggelar pekan ini ya itu bisa saja terjadi. Tapi kan kita belum tahu, karena belum terbentuk," ujar dia.
 
DPR akan menggelar pembentukan rapat paripurna pembentukan komisi siang ini. Rapat paripurna itu akan membahas sosok perwakilan fraksi yang bakal mengisi setiap komisi di DPR.
 
"Baru nanti sore atau besok kalau Pak Aziz Syamsuddin Wakil Ketua DPR bidang Koordinator bidang Polhukam sempat melantik pimpinan Komisi 3," ujar dia.
 
Tito Karnavian mundur sebagai Kapolri setelah dilantik Presiden Joko Widodo sebagai menteri dalam negeri. Presiden Jokowi menunjuk Kabareskrim Komjen Idham Azis sebagai pengganti Tito.
 
Idham akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan di DPR sebelum dilantik sebagai Kapolri. Presiden juga menunjuk Wakapolri Komjen Ari Dono sebagai pelaksana tugas harian Kapolri.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif