Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Koalisi Pemerintah Bakal Bahas Wacana Penaikan Ambang Batas

Nasional pemilu partai politik
Nur Azizah • 15 Januari 2020 13:49
Jakarta: Partai politik (parpol) koalisi pemerintah bakal mendiskusikan wacana penaikan ambang batas parlemen. Usulan ini didengungkan PDI Perjuangan.
 
"Kami yang bersepuluh partai ditambah Gerindra ada di koalisi pemerintahan itu akan secara terbuka mendiskusikan soal ini," Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 15 Januari 2020.
 
Namun, PPP tak sepakat dengan usulan PDI Perjuangan. Dia sempat menyinggung masalah ini kepada Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto pada pertemuan sekjen parpol koalisi pemerintah, Selasa, 14 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita juga bicara dengan Mas Hasto bahwa itu tentu aspirasi dari atau keputusan rakernas (rapat kerja nasional) PDI Perjuangan, ya kami hormati. Tapi kan dengan semangat gotong royong yang dikedepankan PDI Perjuangan juga terbuka juga untuk musyawarah soal ini," ujar dia.
 
PDI Perjuangan menyuarakan kenaikan ambang batas parlemen dalam Rakernas I di Jakarta. Partai berlambang banteng moncong putih itu mengusulkan ambang batas naik dari 4 persen menjadi 5 persen.
 
Jajaran Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri juga ingin mengubah district magnitude menjadi 3-10 kursi untuk DPRD provinsi dan kabupaten/kota dan 3-8 kursi untuk DPR. Hal ini dinilai untuk mewujudkan pemerintahan efektif.
 
"Dan penguatan serta penyederhanaan sistem kepartaian serta menciptakan pemilu murah," kata Hasto Kristiyanto.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif