Suasana persiapan pelantikan anggota MPR/DPR/DPD. Foto: ANT/Risyal Hidayat
Suasana persiapan pelantikan anggota MPR/DPR/DPD. Foto: ANT/Risyal Hidayat

136 Senator Resmi Dilantik

Nasional dpd ri
Damar Iradat • 01 Oktober 2019 11:22
Jakarta: Sebanyak 136 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) terpilih resmi dilantik pada Selasa, 1 Oktober 2019. Pelantikan senator ini ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan Presiden terkait Peresmian Keanggotaan DPD RI periode 2019-2024.
 
Sidang paripurna awal agenda pembacaan sumpah atau janji anggota DPD ini dipimpin senator tertua dan termuda. Senator Sabam Sirait, 82, anggota DPD dapil Jakarta dan Jialika Maharani, 22, anggota DPD dapil Sumsel memimpin sidang pembacaan sumpah 134 senator lain.
 
Dalam sidang paripurna awal ini, ke-136 senator diambil sumpah atau janji jabatannya. Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali, memimpin langsung pengambilan sumpah jabatan ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945," kata Hatta yang diikuti seluruh senator.
 
Mereka berjanji menjalankan kewajiban dan bekerja dengan sungguh-sungguh. Mereka akan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan.
 
"Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia."
 
Sebelumnya, sebanyak 575 anggota DPR telah dilantik. Pelantikan ini sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Nomor 98/p tahun 2019 terkait Peresmian Keanggotaan DPD RI periode 2019-2024.
 
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menyaksikan langsung pengambilan sumpah jabatan para wakil rakyat. Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Sedangkan, JK didampingi sang istri, Mufidah Kalla.
 
Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin juga hadir dalam acara pelantikan anggota Dewan ini. Ma'ruf datang dengan mengenakan jas yang dipadu sarung dan peci.
 
Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden keenam Try Sutrisno, sejumlah menteri kabinet kerja, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, hingga Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan juga tampak hadir di Gedung Parlemen.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif