Menparekraf Sandiaga Uno/Kemenparekraf
Menparekraf Sandiaga Uno/Kemenparekraf

Antisipasi Resesi, Sandiaga Promosi ke Negara Besar

Antara • 11 Januari 2023 10:01
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyesuaikan pemasaran pariwisata Indonesia. Sandiaga bakal fokus memasarkan pariwisata ke negara-negara besar untuk mengantisipasi resesi.
 
“Kami arahkan fokus pada pasar-pasar besar kita termasuk India yang peningkatannya sangat luar biasa, Australia, dan Selandia Baru yang tidak termasuk zona resesi, Malaysia dan Singapura yang masih terus bertumbuh,” kata Sandiaga dikutip dari Antara, Rabu, 11 Januari 2023.
 
Menurut Menparekraf, pemasaran pariwisata ke negara-negara itu dapat menarik wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia. Selain itu, Sandiaga fokus mencapai target 1,4 pergerakan wisatawan nusantara tahun ini.

“Pertumbuhan kita akan sangat didorong oleh pergerakan wisatawan nusantara," ujar Sandiaga.
 
Dia tengah menakar bagaimana pergerakan wisatawan nusantara dapat dipicu dengan berbagai kegiatan event. Sandiaga mencontohkan wisata kuliner, wisata healing, maupun jenis wisata lain di sekitar desa wisata.
 

Baca: Turis Malaysia Paling Doyan Main ke Indonesia, Dikunjungi 4,68 Juta Wisman


Di sisi lain, Sandiaga mengajak berbagai pihak memperkuat produk wisata dan event domestik. Menurut dia, hal tersebut merupakan tulang punggung bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
 
Sandiaga fokus pada memperpanjang lama tinggal (length of stay) dan meningkatkan kualitas belanja (quality of spending) para wisatawan. Sehingga, target capaian devisa pariwisata sebesar 5,95 miliar dolar AS terealisasi.
 
“Program-program peningkatan ekspor dari ekonomi kreatif 20,5 miliar dolar AS akan didorong melalui penguatan rantai pasok, memperkuat ekonomi, Bangga Buatan Indonesia, dan Bangga Berwisata di Indonesia,” kata Sandiaga Uno.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ADN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan