Bawaslu Rekomendasikan Penetapan DPT Diperpanjang 20 Hari

Marcheilla Ariesta 16 September 2018 14:29 WIB
pilpres 2019pemilu serentak 2019
Bawaslu Rekomendasikan Penetapan DPT Diperpanjang 20 Hari
Pleno terbuka DPT Hasil Perbaikan di KPU/Medcom.id/Marcheilla Ariesta
Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merekomendasikan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) diperpanjang. Rekomendasi disampaikan untuk menampung aspirasi partai politik.

"Kami rekomendasikan untuk diperpanjang hingga 20 hari ke depan," kata Ketua Bawaslu Abhan dalam pleno penetapan DPT di KPU RI, Jakarta Pusat, Minggu, 16 September 2018.

Bawaslu meminta KPU cermat melakukan penetapan. Abhan berharap rekomendasi tersebut menghasilkan penetapan DPT yang lebih tepat baik dari segi data maupun elemen lainnya.


Baca: DPT Hasil Perbaikan Pemilu Serentak 2019 187,8 Juta

Partai yang menyampaikan keberatan atas hasil perbaikan DPT ialah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat. Ketua Dewan Perwakilan Pusat PKS Pipin Sopian mengatakan tidak menerima data DPT yang diumumkan KPU.

"Kekurangan 200 ribu datanya itu, tidak kami terima," jelas Pipin.

Dia menjelaskan proses verifikasi di daerah dilakukan terlalu buru-buru. Menurut Pipin, ada juga beberapa daerah yang dalam proses verifikasinya tidak terbuka.

Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan menyetujui rekomendasi Bawaslu. Dia mengatakan jika dilaksanakan terbuka penetapan DPT bisa selesai dalam 10 hari.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id