NEWSTICKER
Suasana hasil survei Politika Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI) di kawasan Cikini, Jakarta. Medcom.id/Yurike Budiman
Suasana hasil survei Politika Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI) di kawasan Cikini, Jakarta. Medcom.id/Yurike Budiman

Survei: Kombinasi Militer-Sipil Paling Disukai untuk Pilpres 2024

Nasional pemilihan presiden pilpres
Yurike Budiman • 23 Februari 2020 18:02
Jakarta: Masyarakat dinilai paling menyukai kombinasi militer-sipil untuk menjadi calon presiden dan calon wakil presiden pada 2024. Berdasarkan hasil survei Politika Research and Consulting (PRC) bersama Parameter Politik Indonesia (PPI), sebanyak 30,4 persen responden ingin capres dari kalangan militer dan cawapres sipil.
 
"Penyebutan pasangan militer-sipil sebagai preferensi capres-cawapres 2024 menunjukkan kombinasi ini diprediksi menjadi pilihan masyarakat pada Pemilu 2024," ujar Direktur Eksekutif PRC, Rio Prayogo, dalam Evaluasi Kinerja Pemerintahan dan Proyeksi Politik 2024 di kawasan Cikini, Minggu, 23 Februari 2020.
 
Masyarakat yang ingin capres dan cawapres dari kalangan sipil-militer sebanyak 14,5 persen, laki-perempuan 11,5 persen, kader partai-profesional 10,4 persen, profesional-kader partai 10,3 persen, muslim-non muslim 2,6 persen, perempuan-laki 0,5 persen, non muslim dan muslim 0,3, dan tidak menjawab 19,8 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan elektabilitas, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di urutan teratas sebagai capres dari kalangan militer dengan 17,3 persen. Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menyusul dengan perolehan 5,4 persen, eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo 2 persen, dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa sebesar 1,3 persen.
 
Survei: Kombinasi Militer-Sipil Paling Disukai untuk Pilpres 2024
Ilustrasi kotak suara. Medcom.id
 
Baca:Prabowo Capres 2024 Terkuat Versi Indo Barometer
 
Elektabilitas tertinggi dari kalangan sipil, yakni Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sandiaga Uno dengan 9,1 persen. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuntuti dengan perolehan 8,8 persen, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 7,8 persen.
 
Kemudian, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama 5,2 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 4,7 persen, pendakwah Abdul Somad 4,5 persen, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini 2,6 persen, serta Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD 2,4 persen.
 
Survei dilakukan kepada 2.197 responden di 220 desa atau kelurahan pada 25 Januari 2020–10 Februari 2020. Metodelogi yang digunakan yakni multistage random sampling. Responden diambil secara proporsional berdasarkan data jumlah penduduk hasil sensus terakhir (BPS, 2010). Jajak pendapat ini memiliki margin of error sebesar 2,13 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif