Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di haul Gus Dur ke-9. Medcom.id/Fachrie Audhia Hafiez
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di haul Gus Dur ke-9. Medcom.id/Fachrie Audhia Hafiez

Menag: Gus Dur Mengedepankan Kemanusiaan

Nasional haul gus dur
Fachri Audhia Hafiez • 22 Desember 2018 02:06
Jakarta: Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin turut hadir dalam peringatan wafat atau haul Presiden ke-4 Republik Indonesia KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Bagi Lukman, Gus Dur semasa hidupnya selalu mengedepankan sisi-sisi kemanusiaan.
 
"Gus Dur selalu mengajarkan bahwa kita harus terus menjaga sisi-sisi kemanusiaan. Ini pesan utama yang harus terus jadikan pegangan untuk menatap masa depan," kata Lukman saat menghadiri haul ke-9 Gus Dur di Ciganjur, Jakarta Selatan, Jumat, 21 Desember 2018.
 
Menurut Lukman, Gus Dur pernah berpesan agar terus menjadikan agama untuk memanusiakan manusia. Gus Dur juga berpesan agar jangan menggunakan agama untuk merendahkan orang lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Meskipun boleh jadi kita berbeda-beda atau berada dalam hal yang tidak sama dalam banyak hal," ujar Lukman.
 
Baca: Haul ke-9 Gus Dur Kedepankan Tema Kemanusiaan
 
Tema haul ke-9 kali ini mengusung 'Yang Lebih Penting dari Politik adalah Kemanusiaan'. Diharapkan, tema itu sebagai pemantik kepada peserta Pemilu 2019 dalam berpolitik juga mengendepankan sisi-sisi kemanusiaan.
 
Acara ini juga turut dihadiri sejumlah tokoh, antara lain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Mantan Ketua PSSI Agum Gumelar, dan Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan juga ikut hadir.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif