Budiman Optimistis DPR Mendukung Dana Kelurahan

M Sholahadhin Azhar 23 Oktober 2018 03:13 WIB
Dana Kelurahan
Budiman Optimistis DPR Mendukung Dana Kelurahan
Politikus PDI Perjuangan Budiman Sujatmiko. Medcom.id/M Sholahadin Azhar.
Jakarta: Influencer Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Budiman Sudjatmiko optimistis dana kelurahan didukung DPR. Utamanya, partai pendukung Jokowi yang memiliki kursi mayoritas di Parlemen.

"Insyaallah fraksi pro-Jokowi lebih banyak jadi insya allah mayoritas akan mendukung," kata Budiman di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 22 Oktober 2018.

Ia mengaku telah membicarakan soal usulan dana kelurahan pada sejumlah fraksi di DPR. PDI Perjuangan dan Golkar, kata dia, menyambut baik ide Jokowi itu. Ia berharap semua fraksi koalisi seperti NasDem, Hanura, PPP dan PKB ikut merespons positif.


Budiman menyebut persetujuan DPR diperlukan sebagai pegangan untuk mengeksekusi dana kelurahan. Menurut dia, APBN memiliki pagu menopang 8.300 kelurahan di Tanah Air. "Jadi mereka orang kelurahan tidak lagi jadi penonton terhadap orang desa (yang dapat dana desa)," katanya.

Pada tahun pertama, ujar Budiman, rencananya akan diajukan Rp3 triliun bagi 8.300 kelurahan. Hitungan kasar, tiap kelurahan bakal mendapat Rp300 hingga Rp400 juta per tahun. Namun, alokasi dana ini tak akan dipukul rata.

Politikus PDI Perjuangan itu memerinci beberapa pertimbangan yang membedakan alokasi dana kelurahan. Misalnya, persentase kemiskinan, dan faktor geografis kelurahan. Jika ini berhasil, alokasi akan ditambah.

Menurut Budiman, dana kelurahan bisa jadi pendukung kualitas manusia. Sejauh ini, pemerintah pusat sudah menggenjot pembangunan infrastruktur, sehingga harus ada porsi khusus untuk sumber daya manusia (SDM).

"Karena selain fisik (infrastruktur), investasi SDM adalah kunci agar Indonesia bisa lari sama cepat (dengan negara lain)," ucap Budiman.



(AGA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id