Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Visi Misi Capres Cawapres Harus Dimasifkan Secara Luas

Putra Ananda • 02 Juli 2022 23:59
Jakarta: Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilihan Umum dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini mengatakan visi misi pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) perlu disampaikan secara luas di berbagai forum. Termasuk, pandangan soal kebangsaaan yang bisa disampaikan di luar area debat capres cawapres seperti di universitas-universitas serta MPR.
 
"Memang pengaturan Undang-Undang (UU) Pemilu telah memberikan fasilitasi debat terbuka bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden sebanyak 5 (lima) kali. Namun, selain debat lima kali tersebut, mestinya lebih banyak forum yang bisa diikuti para kandadat untuk menguji gagasan dan tawaran program mereka bagi publik," ungkap Titi ketika dihubungi, Sabtu, 2 Juli 2022.
 
Baca: Golkar Harap Cawapres Airlangga dari KIB Mampu Hilangkan Politik Identitas

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Titi, Semakin banyak visi misi capres cawapres disampaikan di berbagai forum, maka masyarakat semakin mudah dalam menilai kapabilitas dari para kandidat. Kesempatan penyampaian visi misi dapat dijadikan ajang adu gagasan dari para kandidat.
 
"Perguruan tinggi, organisasi kemasyaratan, ataupun berbagai forum warga juga perlu dihadiri pasangan calon atau tim kampanyenya untuk saling adu dan uji gagasan dan program mereka," kata dia.
 
Menurut Titi tidak ada yang salah dalam memberi ruang secara proporsional dan setara kepada seluruh pasangan calon untuk menyampaikan ide, gagasan, dan program mereka. Akan tetapi, hal itu perlu diatur lebih lanjut dalam peraturan KPU agar bisa menjadi regulasi bagi para pasangan calon dalam pelaksanaan kampanye Pemilu 2024.
 
"Apalagi masa kampanye kan sangat pendek, hanya 75 hari. Maka, makin banyak forum yang bisa menjadi medium penyampaian visi dan misi pasangan calon, makin bagus bagi literasi pemilih," jelas dia.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif