Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Dukungan Anggaran Pemilu Diharapkan Tepat Waktu

Nasional kpu pemilu Pemilu 2024 jadwal Pemilu 2024
Indriyani Astuti • 03 Mei 2022 11:50
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) berharap dukungan anggaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 disetujui tepat waktu. Sebab, hari pemungutan suara Pemilu 2024 digelar pada 14 Februari 2024.
 
Proses tahapan Pemilu 2024 diperkirakan mulai Juni 2022. Pasal 167 ayat (6) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 (UU Pemilu) menyebut tahapan pemilu dimulai 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.
 
"Penganggaran dan pencairan anggaran pemilu tepat waktu sesuai dengan jadwal tahapan kegiatan pemilu, menjadi salah satu indikator utama penyelenggaraan pemilu dilaksanakan tepat waktu," ujar Ketua KPU Hasyim Asy'ari di Jakarta, Selasa, 3 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah daerah dan kementerian terkait memberikan dukungan. Terutama, terkait ketersediaan anggaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang digunakan untuk pemilu dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk pilkada.
 
Menurut Hasyim, hal itu ditegaskan pada Pasal 451 ayat 1 dan 2 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Dana penyelenggaraan dan pengawasan pemilu wajib dianggarkan dalam APBN.
 
Lalu, Pasal 452 UU Pemilu yang mengamanatkan anggaran pemilu ditetapkan dalam Undang-Undang tentang APBN. Wajib dicairkan sesuai dengan tahapan penyelenggaraan pemilu.
 
Baca: Pembangunan Koalisi Dilakukan Usai Surya Paloh Tentukan Capres
 
Untuk pilkada, kata dia, Pasal 166 ayat 1 UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota menyebutkan pendanaan kegiatan pemilihan dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, dan dapat didukung Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
 
"Ketentuan tersebut menjadi dasar bagi Presiden Jokowi untuk memerintahkan jajaran menteri kabinet dan pemda untuk memprioritaskan dukungan anggaran bagi penyelenggaraan Pemilu 2024 dan Pilkada 2024," kata Hasyim.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif