Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.
Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.

Jokowi Sebut Indonesia Disegani Negara-negara Lain

Nasional Jokowi Partai NasDem KTT G20 COP26 10 Tahun Partai NasDem
Andhika Prasetyo • 11 November 2021 16:35
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan pengalamannya saat peringatan satu dekade Partai NasDem di Akademi Bela Negara. Jokowi menyebut Indonesia telah menjadi negara besar yang disegani negara-negara lain.
 
Hal tersebut dirasakan Jokowi saat mengikuti agenda internasional, mulai KTT G20 di Roma, COP 26 di Glasgow, hingga kunjungan ke Uni Emirat Arab belum lama ini.
 
"Banyak kepala negara bahkan dari negara maju yang menghampiri secara mendadak, baik waktu saya berdiri maupun saya duduk. Perbedaan itu yang saya rasakan. Sebelumnya, tidak seperti itu," ujar Jokowi di Akademi Bela Negara NasDem, Jakarta, Kamis, 11 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam konferensi-konferensi internasional itu, banyak negara yang mengajukan pertemuan bilateral dengan Indonesia. Menurut Jokowi, ketertarikan dunia internasional pada Indonesia bukan tanpa alasan.
 
Baca: Jokowi: Mental Inferior, Inlander, dan Terjajah Jangan Dipelihara
 
Kepala Negara menyatakan negara lain tertarik dengan komitmen Indonesia dalam penanganan perubahan iklim. Indonesia juga menjadi salah satu negara yang mampu mengendalikan pandemi covid-19 dengan baik.
 
"Tetapi yang menurut saya lebih penting adalah sebuah kehormatan bagi Indonesia untuk menjadi Presidensi G20. Kita adalah negara berkembang pertama yang menjadi Presidensi G20," ucap Jokowi.
 
Ia menyadari Indonesia setara dengan negara-negara maju dan memegang posisi strategis di lingkungan global. Hal itu tentu menjadi keuntungan yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya demi mencapai kepentingan nasional.
 
"Indonesia adalah negara besar dengan sejarah besar. Kita ingin betul-betul memanfaatkan ini untuk memengaruhi kebijakan-kebijakan dunia dalam rangka apa pun," kata Jokowi.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif