Presiden Jokowi meresmikan peletakan batu pertama pembangunan smelter Freeport di Gresik. Foto: BPMI Setpres
Presiden Jokowi meresmikan peletakan batu pertama pembangunan smelter Freeport di Gresik. Foto: BPMI Setpres

Jokowi: Smelter Freeport di Gresik Ciptakan Lapangan Kerja Baru

Kautsar Widya Prabowo • 12 Oktober 2021 15:39
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut kehadiran pabrik pemurnian dan pengolahan (smelter) tembaga PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur, akan membuka lapangan kerja besar. Smelter itu diklaim sebagai yang terbesar di dunia. 
 
"Dalam masa konstruksi saja akan ada 40 ribu tenaga kerja yang bisa bekerja," ujar Jokowi dalam konferensi pers virtual, Selasa, 12 Oktober 2021. 
 
Menurut dia, peluang kerja ini terbuka bagi masyarakat di Kabupaten Gresik dan wilayah lainnya di Jawa Timur. Jokowi memastikan jumlah pekerja yang dibutuhkan akan semakin besar saat smelter PT Freeport Indonesia di Gresik telah beroperasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lapangan pekerjaan ini gold yang penting bagi rakyat dan tentu saja membuat bangsa kita semakin mandiri, semakin maju," tutur Jokowi. 
 
Baca: Airlangga dan Erick Thohir Kompak Sampaikan Manfaat Pembangunan Smelter Freeport di Gresik
 
Kepala Negara yakin kehadiran smelter PT Freeport Indonesia itu mampu menarik industri pertambangan lain berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik. Lokasi ini dinilai ideal untuk industri pertambangan yang bergerak dalam turunan tembaga.
 
Jokowi menegaskan pemerintah terus menjaga iklim investasi agar semakin baik. Dukungan ini terwujud dalam infrastruktur, kemudahan dan kepastian berusaha, ketersediaan sumber daya manusia (SDM), dan lainnya.
 
"Pemerintah kabupaten juga ikut mendukung agar KEK Gresik ini semakin maju dan Indonesia akan semakin diminati sebagai tujuan investasi," kata Jokowi.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif