Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat/Medcom.id
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat/Medcom.id

Lestari Moerdijat: Indonesia Ditantang Meningkatkan Kualitas SDM

Nasional Kualitas SDM covid-19 pandemi covid-19 Lestari Moerdijat Negara Maju Sumber Daya Manusia
Kautsar Widya Prabowo • 09 November 2021 21:53
Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan tersisa 24 tahun untuk Indonesia menjadi negara maju pada 2045. Namun, masih banyak hal-hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan Indonesia emas.
 
Menurut perempuan yang akrab disapa Rerie ini, pandemi covid-19 sangat memengaruhi upaya Indonesia meningkatkan daya saing bangsa melalui penguatan sumber daya manusia (SDM). Apalagi, sebelum pandemi bangsa Indonesia belum cukup siap menghadapi revolusi industri 4.0.
 
Baca: Indonesia Emas 2045 Semakin Dekat, SDM Berdaya Saing Mesti Dikebut

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pandemi dan percepatan adopsi teknologi, menyebabkan tantangan untuk meningkatkan kualitas SDM menjadi lebih nyata," ujar Lestari melalui keterangan tertulis, Selasa, 9 November 2021.
 
Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu meminta negara berfokus pada fase kebangkitan untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga, secara bertahap melakukan transformasi.
 
Dia mencontohkan penciptaan tenaga kerja baru menyesuaikan dengan pergerakan pasar. Menurut Rerie, beberapa tahun sebelum pandemi terdapat kekurangan SDM yang perlu dibenahi. Masalah tersebut harus segera dibenahi.
 
"Beberapa tahun sebelum krisis akibat pandemi di Indonesia sudah terjadi ketidaksesuaian keterampilan, kekurangan bakat, dan meningkatnya ketidakselarasan antara insentif dan penghargaan bagi pekerja, yang ditandai sebagai masalah untuk meningkatkan produktivitas," terang dia. 
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif