Presiden Joko Widodo menyalami tokoh masyarakat Papua dan Papua Barat saat pertemuan di Istana Negara, September lalu. ANT/ Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo menyalami tokoh masyarakat Papua dan Papua Barat saat pertemuan di Istana Negara, September lalu. ANT/ Akbar Nugroho Gumay

Jokowi Sebut Papua Surga di Bumi

Nasional papua
Candra Yuri Nuralam • 03 November 2019 04:00
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersyukur Indonesia memiliki daerah Papua yang kaya akan sumber daya alam (SDA). Presiden pun miminta agar seluruh masyarakat Indonesia turut serta menjaga Bumi Cenderawasih.
 
"Papua adalah sekeping surga yang jatuh ke bumi. Tugas kita bersama adalah mejaga, membangun, dan memajukannya," tulis Jokowi di Instagram pribadinya, Sabtu, 2 Oktober 2019.
 
Jokowi ingin Papua menjadi lebih maju ke depannya. Dia juga ingin pembangunan di Papua bisa dilanjutkan dan makin baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi juga bercerita terkait kunjungannya ke Papua pada Sabtu, 26 Oktober lalu. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengunjungi banyak tempat di sana.
 
"Selama dua hari saya mengunjungi Kota Sorong, Pegunungan Arfak, Manokwari, Kaimana, dan Jayapura. Dari kawasan kepala burung di Papua Barat sampai Jayapura," ucap Jokowi.
 
Di sisi lain, pemerintah pun banyak mendengarkan aspirasi untuk memajukan Papua dari tokoh-tokoh di daerah tersebut. Salah satunya yakni terkait dengan pemekaran wilayah.
 
Papua menjadi salah satu-satunya wilayah yang tengah dalam kajian untuk diizinkan melakukan pemekaran di saat pemerintah tengah mengambil kebijakan untuk moratorium pemekaran daerah.
 
Aspirasi itu disampaikan para tokoh Papua yang bertemu Jokowi beberapa waktu lalu.
Jokowi mengatakan, dalam pertemuan itu, ia menyampaikan jika pemerintah masih moratorium pemekaran sebuah daerah.
 
Namun, para tokoh yang hadir menyampaikan jika di Pegunungan Tengah memerlukan pemekaran provinsi baru. Saat itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan jika pemekaran daerah akan ditindaklanjuti dengan kajian dan kalkulasi yang matang.
 
"Keinginan-keinginan mereka. Keinginan beliau-beliau, tokoh-tokoh yang ada di pegunungan tengah. 'Tapi yang paling penting, apa yang baik buat negara akan saya putuskan," kata Jokowi.
 

(SCI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif