Ketum Partai NasDem Surya Paloh saat berpidato di Kongres II Partai NasDem. MI/Pius Erlangga.
Ketum Partai NasDem Surya Paloh saat berpidato di Kongres II Partai NasDem. MI/Pius Erlangga.

NasDem Jadi Jembatan Koalisi Pemerintah dengan Oposisi

Nasional Kongres NasDem
Fachri Audhia Hafiez • 10 November 2019 17:05
Jakarta: Pengamat Politik Yunarto Wijaya menilai Partai NasDem tengah mencari posisi baru di koalisi pemerintah. Partai NasDem sedang berupaya menjembatani koalisi pemerintah dengan oposisi.
 
"Pernyataan Surya Paloh kemarin akhirnya menjawab bahwa posisi Surya Paloh bukan dalam konteks pilihan untuk keluar dari koalisi, tapi mencoba membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi)," kata Yunarto saat berbincang dengan Medcom.id di sela Kongres kedua Partai NasDem di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu, 10 November 2019.
 
Yunarto mengatakan pidato Surya Paloh menjelaskan semua dugaan yang berkembangan. Lewat pidatonya, Surya Paloh membuktikan tak berkonflik dengan Presiden Jokowi. Yunarto menduga sikap Surya Paloh direstui Jokowi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mengingat keberanian Surya Paloh untuk bicara mengenai koalisi ini bukan dari sekarang saja. Mulai dari penolakan Gerindra di awal (masuk koalisi) sudah dilakukan, kekritisan bahwa penegasan tetap akan kritis sekarang juga dibicarakan," ujar Yunarto.
 
Direktur Eksekutif Charta Politika ini menilai Surya Paloh telah menjadi 'bemper' Jokowi. Hal ini terbukti dengan mulusnya pertemuan antara Partai NasDem dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
 
"Untuk mengambil posisi lain yang sepertinya tidak ingin dan tidak mungkin dijalankan oleh partai lain," ujar Yunarto.
 
Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menegaskan partai politik harus menunjukkan komitmen dan kesetiaan yang mengikat kepada Presiden. Partai politik jangan mengumbar janji paling setia mendampingi Presiden.
 
"Karena apa? Karena ketika ada ujian berat dihadapi Sang Presiden, jangan-jangan hanya tinggal NasDem yang bersama Presiden," kata Surya Paloh dalam sambutannya di acara kongres NasDem, Jakarta International Expo, Jakarta Utara, Jumat, 8 November 2019.
 


 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif