11 TPS di NTT belum Coblos Ulang
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ilham Saputra - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Jakarta: Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ilham Saputra mengungkapkan, 11 dari 69 tempat pemungutan suara (TPS) di Indonesia belum melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU). Ke-11 nya terkendala administratif. 

"Di NTT yang belum terlaksana, karena ada persoalan masyarakat yang menginginkan PSU-nya di seluruh desa," ujar Ilham di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin, 2 Juli 2018.

Ia menyebut, permintaan itu menyulitkan. Sebab, sesuai aturan, PSU hanya dapat dilakukan di TPS yang mengalami kendala berdasarkan rekomendasi dari panitia pengawas pemilu (panwaslu). 


Namun, ia memastikan, hal itu tidak akan dibiarkan berlarut. Saat ini coblos ulang di NTT tengah dicarikan solusi. 

(Baca juga: KPU: Tak Ada Pemungutan Suara Ulang di Jateng)

"Nah ini sedang dicari, kondisi keamanan kan supaya kondusif dulu baru setelah itu diteruskan," imbuh dia. 

Ilham menjelaskan, PSU dilakukan bukan karena adanya penggabungan suara. Tapi, karena adanya kesalahan legislatif dari petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). 

"Misalnya saja dia (KPPS) membiarkan pemilih pendatang yang tidak terdaftar di NTT masuk tidak menggunakan A5. Atau kemudian dia membiarkan orang tidak membawa C6 tapi dibiarkan masuk," tutur Ilham.

Bila ada persoalan itu, Panwaslu selanjutnya merekomendasikan PSU di daerah yang mengalami kendala. Namun, hingga saat ini, KPU belum dapat memastikan waktu pelaksanaan PSU di 11 TPS di NTT.
 



(REN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id