KSAL Laksamana Yudo Margono akan menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun pada Desember 2022. Metro TV
KSAL Laksamana Yudo Margono akan menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun pada Desember 2022. Metro TV

KSAL Yudo Margono Jadi Calon Panglima TNI, Ini Profilnya

MetroTV • 29 November 2022 16:35
Jakarta: Presiden Joko Widodo mengirimkan nama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menjadi calon panglima TNI kepada DPR. KSAL Yudo Margono akan menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun pada Desember 2022.
 
Surat pengajuan Ketua DPR RI Puan Maharani menerima surat dari Presiden Jokowi yang dibawa Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 28 November 2022.
 
"Saya akan mengumumkan bahwa nama yang diusulkan oleh presiden untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa adalah Laksamana Yudo Margono," ucap Puan Maharani, Ketua DPR RI, dalam tayangan Headline News di Metro TV, Senin 28 November 2022.
 

Baca: Pemilihan Yudo Margono Sebagai Kandidat Panglima TNI Dinilai Tepat


KSAL dinilai sebagai sosok yang pas untuk menjabat sebagai Panglima TNI sesuai dengan urutan matra. Pasalnya selama Presiden Jokowi berkuasa, hanya matra Angkatan Laut yang belum pernah mengemban komando tertinggi.

Profil Laksamana Yudo Margono


Yudo Margono lahir di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, pada 26 November 1965. Di lahir dan dibesarkan di Desa Garon, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di lahir di tengah keluarga sederhana yang berprofesi sebagai petani. Ia mengenyam pendidikan dasar di SDN 02 Garon dan menamatkan Sekolah Menengah Atas di SMA Negeri 1 Mejayan.
 
Selepas lulus SMA, Yudo mendaftar di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) bersama 12 temannya. Namun, hanya Yudo yang masuk dan diterima di Akademi Angkatan Laut.
 
Setelah lulus dari lulus dari Akademi Angkatan Laut (AAL), karier militer Yudo di TNI AL terus berlayar tanpa gangguan. Yudo dikenal sebagai jenderal yang banyak berkarier di kapal perang. 

Karier militer Laksamana Yudo Margono


(1988) Lulus dari Akademi Angkata Laut Angkatan ke-33
(2004-2008) Komandan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tual
(2008-2010) Komandan Lanal Sorong
(2015-2016) Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) I Belawan
(2016-2017) Kepala Staf Komando Armada Republik Indonesia Wilayah Barat (Koarmabar)
(2017-2018) Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil)
(2018-2019) Panglima Komando Armada I
(2019-2020) Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I
(2020-sekarang) Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL).
 
(SUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif