Presiden Joko Widodo/MI/Ramdani
Presiden Joko Widodo/MI/Ramdani

Jokowi: Sektor Ekonomi Kreatif Kebal Pandemi

Kautsar Widya Prabowo • 06 Oktober 2022 10:24
Bali: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut sektor ekonomi kreatif merupakan salah satu industri yang tidak terdampak pandemi covid-19. Sejumlah sektor mengalami penurunan penjualan akibat keterbasan mobilitas fisik.
 
"Sektor ekonomi kreatif relatif mampu bertahan di era pandemi dibandingkan dengan sektor-sektor lainnya," ujar Jokowi saat mebuka Konferensi Dunia Ekonomi Kreatif ke-3 Tahun 2022, di Bali Internasional Convention Center (BICC), Nusa Dua, Badung, Kamis, 6 Oktober 2022.
 
Selain itu, beberapa subsektor ekonomi kreatif, seperti aplikasi dan pengembang permainan, televisi, dan radio mengalami pertumbuhan bisnis signifikan. Hal ini, kata Jokowi, dipicu konsusmsi masyarakat terhadap konten industri kreatif yang meningkat. 
 

Baca: Jokowi: Indonesia Ambil Peran Terdepan Bangun Ekosistem Ekonomi Kreatif


"Pengembangan ekonomi kreatif harus terus dipacu agar menjadi sektor yang futuristik, tumbuh lebih cepat, lebih besar, dan maju," terangnya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, Jokowi mengatakan sektor tersebut berkontribusi membawa kenikmatan dan kemudahan hidup. Termasuk, pemukiman rumah dan desain interior merupakan hasil industri ekonomi kreatif.
 
"Makanan, musik, dan seni pertunjukan yang eksotik juga karya industri kreatif," kata Jokowi. 
 
Menurut dia, teknologi telah memudahkan setiap masyarakat dalam berbagi suara, gambar, dan video. Kemajuan teknologi telah menembus batas-batas negara. 
 
"Industri kreatif tidak lagi menjadi produk lokal yang dikonsumsi masyarakat lokal tetapi industri kreatif dengan mudah menjadi produk global yang mudah dinikmati oleh masyarakat lintas negara," terangnya.
 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif