Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Arus Lalu Lintas hingga Covid-19 Diminta Jadi Perhatian Selama Mudik

Nasional Mudik Lebaran lalu lintas menko pmk covid-19 Vaksinasi covid-19
Theofilus Ifan Sucipto • 24 April 2022 09:22
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta pemangku kepentingan memperhatikan sejumlah hal selama mudik. Hal itu guna memastikan periode mudik aman dan nyaman.
 
“Ada empat variabel yang perlu disiapkan dalam menghadapi arus mudik lebaran 2022,” kata Muhadjir dalam keterangan tertulis, Minggu, 24 April 2022.
 
Baca: Pemudik Diimbau Gunakan Bus Berstiker Khusus agar Aman

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Variabel pertama, yakni tata kelola lalu lintas, ketersediaan suplai bahan bakar minyak (BBM), dan distribusi BBM. Muhadjir meminta persiapan itu bukan sekadar kondisi jalan yang mulus.
 
“Tapi juga fasilitas yang diperlukan seperti rest area, warung kelontong, kalau perlu jajanan dan makanan khas di rest area,” ujar dia.
 
Hal kedua ialah kondisi covid-19 dan pelaksanaan vaksinasi dosis kedua serta booster. Variabel ketiga, yakni ketersediaan bahan pokok dan penyaluran bantuan sosial (bansos).
 
“Sedangkan variabel terakhir ialah kondisi tak terduga terkait bencana serta perilaku pemudik,” jelas Muhadjir.
 
Muhadjir menyebut mudik tahun ini membawa kebahagiaan ekstra bagi pemudik. Sebab, masyarakat dilarang mudik dua tahun terakhir karena pandemi covid-19.
 
“Untuk itu persiapan yang diperlukan harus maksimal karena niat mudik adalah bergembira dengan aman dan sehat,” tutur mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif