Rapat kerja perdana Menag Fachrul Razi dengan Komisi VIII. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri
Rapat kerja perdana Menag Fachrul Razi dengan Komisi VIII. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri

Menag Baru Selangkah Sudah Gaduh

Nasional menag menteri agama
Arga sumantri • 07 November 2019 15:18
Jakarta: Komisi VIII DPR menyoroti polemik rencana pelarangan cadar dan celana cingkrang di institusi pemerintahan dari Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi. Pernyataan ini dianggap kontroversial.
 
"Selamat datang Pak Menteri di Kementerian Agama. Baru langkah satu sudah bikin gaduh," kata anggota Komisi VIII Diah Pitaloka dalam rapat kerja perdana dengan Menag di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, 7 November 2019.
 
Diah mengatakan Indonesia negara yang terbuka dan inklusif. Indonesia tak pernah melarang umat agama apa pun menggunakan identitas agamanya, termasuk cadar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Diah mafhum maksud Fachrul baik untuk alasan keamanan. Ia menilai pernyataan itu guna mengatur kehidupan bernegara, bukan masuk dalam aspek agama.
 
"Pak Menteri juga tidak melarang itu, hanya mengusulkan," ujar dia.
 
Diah mengapresiasi Fachrul yang langsung meminta maaf ketika polemik cadar dan celana cingkrang menjadi perbincangan publik. Ia berharap publik bisa memahami maksud dari Fachrul.
 
Ketua Komisi VIII Yandri Susanto menangkap pernyataan itu sebagai upaya Menag menjalankan deradikalisasi. Namun, kata dia, terkesan ada kesalahan pola pikir bila radikalisme diidentikkan dengan gaya berpakaian.
 
"Oleh karena itu penting kita menyelesaikan persoalan pro kontra ini sehingga energi yang besar kita pindahkan pada hal-hal konstruktif dan produktif," kata Yandri.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif