Presiden Joko Widodo/MI/Ramdani
Presiden Joko Widodo/MI/Ramdani

Pembangunan Jokowi Dinilai Sukses Meski di Tengah Keterbatasan

M Sholahadhin Azhar • 19 September 2022 18:52
Jakarta: Pembangunan di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai berhasil meski di tengah segala keterbatasan. Hal tersebut dikatakan pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah, merespons pernyataan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).
 
AHY membandingkan pembangunan di era Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dengan masa Jokowi. 
 
"Kalau dikatakan sebagai penggunting pita juga tidak benar karena Jokowi dengan susah payah, waktu yang terbatas, dan anggaran yang terbatas mampu menyelesaikan dengan tepat, sehingga kepuasan publik sangat besar," kata Trubus saat dihubungi, Senin, 19 September 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait pembangunan jalan tol membeberkan SBY membangun jalan tol sepanjang 189,2 kilometer (km) pada 2004-2019. Adapun Jokowi membangun jalan tol sepanjang 1.762,3 km sejak menjabat pada 2014 dan 750 km jalan tol ditargetkan selesai pada 2024.
 
Trubus mengatakan data itu berbicara mengenai pembangunan infrastruktur di era Jokowi. Menurut dia, ada lompatan besar yang dilakukan Jokowi. Sementara itu, pembangunan infrastruktur di era SBY selama 10 tahun tak menunjukkan banyak kemajuan.
 

Baca: Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi Dinilai Lebih Masif daripada Presiden Sebelumnya


"Bahkan berbagai pembangunan unggulan justru mangkrak seperti Hambalang (Wisma Atlet) dan rencana pembangunan jembatan selat sunda yang sudah groundbreaking dengan anggaran APBN ternyata tidak berlanjut," kata Trubus.
 
Data terkait juga menunjukkan ada 18 bendungan mulai dibangun di era SBY. Seluruhnya diselesaikan di era Jokowi. 
 
Adapaun Jokowi memulai pembangunan 12 bendungan sejak menjabat. Akumulasi data memaparkan ada 30 bendungan selesai dibangun di era jokowi, kemudian 27 bendungan ditargetkan rampung pada 2024.
 
Data Kementerian Perhubungan mamaparkan 24 bandara dibangun di era SBY. Kemudian, Jokowi melakukan pembangunan 29 bandara dan menargetkan 9 bandara baru selesai dibangun atau revitalisasi pada 2024. 
 
Sementara itu, data Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memaparkan pembangunan infrastuktur desa. Ada 316.590 km jalan desa dibangun di era Jokowi. 

 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif