Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.
Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.

Jokowi Sebut Kota Pagar Alam Bisa Jadi Kota Energi Hijau Pertama di Indonesia

Andhika Prasetyo • 24 Januari 2022 18:49
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik Pemerintah Kota Pagar Alam atas upaya pengembangan energi hijau melalui penggunaan listrik dari energi mikrohidro. Kawasan tersebut bahkan diharap bisa menjadi kota pertama di Tanah Air yang mampu mencapai nol emisi dan menjadi rujukan bagi daerah-daerah lain.
 
"Ini akan menjadi kota dengan zero emission pertama kalau bisa ditindaklanjuti dengan baik. Ini baru listrik rumah tangga saja. Kalau ditindaklanjuti dengan kendaraan listrik, Pagar Alam akan menjadi kota pertama di Indonesia yang sepenuhnya menggunakan energi hijau," kata Jokowi di Lapangan Merdeka, Kota Pagar Alam, Sumatra Selatan, Senin, 24 Januari 2022.
 
Menurut Kepala Negara, saat ini semua negara di dunia mulai menuju ke penggunaan energi baru terbarukan, baik dengan memanfaatkan energi matahari, hydropower, geotermal, panas bumi, arus bawah laut, panas permukaan laut, maupun angin. Indonesia seharusnya bisa menjadi yang terdepan dalam hal itu mengingat semua sumber energi baru terbarukan ada di dalam negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setelah kita hitung-hitung, energi baru dan terbarukan yang kita miliki itu ada kurang lebih, hitungan terakhir tapi saya kira itu belum final, ada 418.000 megawatt. Itu mulai dari tenaga air, panas bumi, geotermal, arus bawah laut, panas permukaan laut, angin, tenaga surya, semua kita miliki," kata dia.
 
Baca: Jadi Presidensi G20, Indonesia Siap Ambil Peran Penting Pengembangan Energi Hijau
 
Jokowi memastikan pemerintah pusat akan memberi dukungan optimal bagi Kota Pagar Alam dan wilayah-wilayah lain yang ingin berbenah menuju daerah dengan energi hijau.
 
"Saya tadi sudah menyampaikan kepada Pak Menteri BUMN (Erick Thohir), kepada Pak Gubernur Sumatra Selatan (Herman Deru), kepada juga Pak Wali Kota Pagar Alam (Alpian Maskoni) agar mulai direncanakan. Pemerintah pusat akan membantu di tempat-tempat yang bisa kita bantu," tegas Jokowi.
 
 
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif