Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar. MI/Panca Syurkani.
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar. MI/Panca Syurkani.

Pemerintah Kaji Rencana Penutupan TN Komodo

Nasional komodo
Damar Iradat • 24 Januari 2019 18:25
Jakarta: Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengkaji rencana penutupan Taman Nasional (TN) Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT), dari wisatawan selama satu tahun. Pasalnya, penutupan tak bisa dilakukan tergesa-gesa.
 
Menurut Siti, Gubernur NTT Viktor B Laiskodat harus berkonsultasi terlebih dulu terkait rencana tersebut. Hal itu juga harus dilakukan dalam koridor yang ditangani oleh Direktur Jenderal Koservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem.
 
"Belum bisa (langsung ditutup)," kata Siti di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 24 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan masalah wilayah konservasi menjadi urusan pemerintah pusat. Namun, pihaknya bakal mempertimbangkan rencana Viktor selaku gubernur NTT yang ingin menutup TN Komodo.
 
Masalah wilayah konservasi merujuk pada beberapa aturan. Regulasi itu meliputi Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem, UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, dan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintah antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.
 
Ia menyataka gubernur atau kepala daerah memang bisa menyampaikan gagasan soal penutupan wilayah konservasi. Siti bakal mendengarkan gagasan tersebut.
 
"Saya sudah bilang dengan Pak Dirjen (Direktur Jenderal Konservasi dan Sumber Daya Alam dan Ekosistem Wiratno) dan sekarang sedang dikerjakan," ungkap dia.
 
Pihaknya akan mengumpulkan semua informasi dari lapangan di taman nasional. Salah satunya terkait soal apakah sudah ada master plan dan ada zona-zonanya dan sekaligus mengecek apa yang jadi masalah.
 
Baca: Tarif Masuk ke Taman Nasional Komodo Dinaikkan
 
"Kan di Taman Nasional Komodo sudah bekerja sistem yang destinasi wisata jadi sudah ada pengusaha bisnis swasta, lalu pembinaan dari Kementerian Pariwisata, oleh karena itu segera setelah data dikumpulkan Pemda Provinsi NTT. Kita undang dan kita carikan jalan keluarnya, yang penting sasaran pemdanya kita capai," tegas dia.
 
Viktor Laiskodat sebelumnya menyatakan akan menutup TN Komodo dari kunjungan wisata selama setahun. Ini dilakukan dalam upaya meningkatkan populasi komodo dan juga rusa yang menjadi makanan utama hewan purba itu.
 
Penutupan, kata Viktor, juga untuk mempermudah pemerintah daerah menata kawasan tersebut. Namun, politikus Partai NasDem itu tidak menjelaskan secara rinci kapan waktu penutupan Taman Nasional Komodo.
 


 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif