Ilustrasi keberagaman di Indonesia. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi keberagaman di Indonesia. Medcom.id/M Rizal

MPR Ajak Bangsa Indonesia Belajar dari Rasulullah Jaga Persatuan

Nasional MPR maulid nabi
Antara • 29 Oktober 2020 18:29
Jakarta: Momentum Maulid Nabi Muhammad SAW diharapkan menjadi contoh bagi bangsa Indonesia, terutama umat Islam, merawat kebinekaan. Rasulullah berhasil merawat persatuan walau penghuni Madinah yang berasal dari beragam suku dan agama saling bersaing.
 
"Suku-suku itu saling bersaing, para penganut agama-agama pun saling menunjukkan pengaruh," kata Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis, 29 Oktober 2020.
 
Di tengah persaingan suku, agama, ras, dan antargolongan itu, Rasulullah SAW menginiasi Piagam Madinah sebagai platform kebersamaan. Madinah di bawah kepemimpinan Muhammad SAW bisa menjadi model miniatur Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sekretaris Dewan Penasihat PP Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) itu menjelaskan, Piagam Madinah dibuat demokratis. Piaga itu memuat nilai-nilai bersama yang mengikat serta bisa diterima semua suku dan penganut agama di Madinah.
 
"Itulah sebabnya Piagam Madinah sejak awal tidak mendapat penolakan dari penduduk Yatsrib yang beragam," ujarnya.
 
Dalam konteks Indonesia, universalitas Piagam Madinah itu mirip dengan universalitas Pancasila yang juga memuat nilai-nilai bersama. Bangsa yang beragam dari segi suku, agama, ras, dan antargolongan di Indonesia dapat dipayungi Pancasila.
 
Basarah menegaskan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW harus menjadi inspirasi bagi bangsa Indonesia. Terutama dalam memperkukuh persatuan nasional dan semangat gotong royong menghadapi pandemi covid-19.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif