Ketua Panja Pengawasan Penegakan Hukum Jiwasraya Herman Hery. Foto: Antara Hafidz/Mubarak
Ketua Panja Pengawasan Penegakan Hukum Jiwasraya Herman Hery. Foto: Antara Hafidz/Mubarak

Polri Diminta Menjalankan Fungsi Kamtibmas Saat PSBB

Nasional Virus Korona
Kautsar Widya Prabowo • 08 April 2020 23:04
Jakarta: Polri diminta efektif melakukan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di daerah saat penerapan masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Korps Bhayangkara diharap tetap maksimal meski mengalami pemangkasan anggaran untuk pendanaan penanganan wabah korona (covid-19).
 
"(Berharap) Fungsi polri dalam menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat tidak terganggu akibat pemotongan anggaran," kata Ketua Komisi III DPR Herman Herry melalui keterangan tertulis, Rabu, 8 April 2020.
 
Ia mencontohkan DKI Jakarta dalam waktu dekat akan menerapkan PSBB. Polri harus mengantisipasi potensi meningkatnya gangguan kamtibmas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Polri memiliki fungsi yang strategis untuk memastikan PSBB berjalan dengan baik," ujar Herman.
 
Baca: 1,2 Juta Orang Kehilangan Pekerjaan karena Covid-19
 
PSBB mulai berlaku Jumat, 10 April 2020. Pengawasan terhadap langkah pencegahan virus korona itu pun dijalankan besar-besaran.
 
Jumlah pasien positif korona di seluruh Indonesia per Rabu, 8 April 2020, mencapai 2.956 orang dengan 218 di antaranya kasus baru. Sebanyak 222 pasien dinyatakan sembuh, sedangkan 240 orang meninggal akibat virus yang pertama kali menjangkiti Wuhan, Tiongkok, itu.
 
Pasien penyakit dengan gejala flu, demam, hingga sesak napas itu kebanyakan berada di DKI Jakarta. Data di situs corona.jakarta.go.id menyebutkan ada 1.552 pasien positif di Ibu Kota. Sebanyak 976 pasien dirawat, 357 isolasi mandiri, 75 telah sembuh, dan meninggal 144 orang.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif