Ketua DPR Bambang Soesatyo. (Foto: Medcom.id/Nur Azizah)
Ketua DPR Bambang Soesatyo. (Foto: Medcom.id/Nur Azizah)

Ketua DPR Dukung Rencana Pemindahan Ibu Kota

Nasional pemindahan ibukota
Damar Iradat • 07 Mei 2019 05:24
Jakarta: Ketua DPR Bambang Soesatyo mendukung rencana pemerintah yang ingin memindahkan ibu kota dari DKI Jakarta. Presiden Joko Widodo sebelumnya menyatakan akan memindahkan ibu kota dari Pulau Jawa.
 
"Prinsipnya kami di DPR mendukung sejauh itu sudah dikaji secara matang," kata Bamsoet sapaan akrabnya usai menghadiri buka puasa bersama Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin, 6 Mei 2019.
 
Politikus Partai Golkar itu juga menyambut baik apa yang disampaikan Jokowi jika pemindahan ibu kota sudah melalui pengkajian. Kendati begitu, Bamsoet meminta agar pemerintah berhati-hati dalam proses pemindahan ibu kota.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, pemindahan ibu kota bukan perkara mudah. Apalagi soal biaya Rp466 triliun juga masih perlu dimatangkan lebih lanjut.
 
Bamsoet juga belum mau bicara banyak soal pemindahan ibu kota. Pihaknya bakal melihat konsep yang disusun Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) soal pemindahan ibu kota terlebih dulu.
 
"Ya kita lihat sejauh mana konsep yang sudah dibuat Bappenas dan disinkronkan dengan Kementerian Keuangan, nanti kita bahas lagi di DPR," tutur dia.
 
Sebelumnya Presiden Joko Widodo menegaskan rencana pemindahan ibu kota di hadapan sejumlah pimpinan lembaga negara. Jokowi memastikan pemerintah serius untuk memindahkan ibu kota keluar pulau Jawa.
 
"Mumpung ketemu dengan ketua dan pimpinan lembaga-lembaga negara, saya ingin menyinggung sedikit hal yang berkaitan dengan pemindahan ibu kota. Kami serius dalam hal ini," kata Jokowi saat buka bersama pimpinan lembaga negara di Istana Negara, Senin, 6 Mei 2019.
 
Rencana pemindahan ibu kota di era kepemimpinan Jokowi ini sudah dibahas secara internal sejak tiga tahun lalu. Sementara itu, Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) juga sudah mengkaji secara lebih detail dalam 1,5 tahun lalu.
 
Salah satu pertimbangan pemerintah untuk memindahkan ibu kota yakni soal kepadatan penduduk di Pulau Jawa. Saat ini, Pulau Jawa sudah dihuni oleh sekitar 57 persen dari total penduduk Indonesia.
 

 

(SCI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif