Wakil Presiden Jusuf Kalla. MI/Adam Dwi.
Wakil Presiden Jusuf Kalla. MI/Adam Dwi.

Wapres Sebut Reforma Agraria Tak Cuma Sertifikat Gratis

Nasional reforma agraria
Achmad Zulfikar Fazli • 06 Maret 2019 04:56
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan reforma agraria tak hanya melegalisir sertifikat lahan untuk masyarakat tidak mampu. Tapi, membagikan hutan sosial.
 
Hal itu disampaikan JK merespons Ombudsman RI yang akan mengevaluasi program reforma agraria ini. Karena dianggap hanya berhenti pada program bagi-bagi sertifikat.
 
"Siapa yang berhak, jadi memang sertifikat utuh bukti kepemilikan tapi juga pembagian itu juga di hutan sosial, hutan masyarakat," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa, 5 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah menargetkan ada 9 juta hektare lahan yang tersertifikasi. JK mengaku belum tahu sudah sejauh mana pembagian sertifikat itu. Yang pasti, kata dia, Kementerian Agraria dan Tata Ruang sudah mulai menyalurkan kepada rakyat kurang mampu.
 
Lagipula, lanjut dia, dari total 9 hektare lahan yang akan dibagikan, tak semua dalam kondisi baik. Karena itu, perlu ada verifikasi ulang.
 
"Bahwa sertifikat itu berbarengan dengan pembagian lahan itu," ucap dia.
 
Program sertifikasi lahan ini juga sempat dikritik calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto saat debat kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Menurut Prabowo, pembagian sertifikat tanah akan berdampak buruk bagi masa depan Indonesia.
 
Kritik itu langsung dibalas oleh Jokowi soal kepemilikan lahan Prabowo. Saat itu, Jokowi menyinggung kepemilikan lahan Prabowo di Kalimantan Timur dan Aceh.

 
(DRI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif