Ilustrasi Ibu Kota Baru. Foto: Kementerian PUPR
Ilustrasi Ibu Kota Baru. Foto: Kementerian PUPR

Mensesneg Terbitkan Aturan Pembentukan Tim Transisi IKN

Nasional Ibu Kota Baru IKN Nusantara Ibu Kota Negara (IKN)
Andhika Prasetyo • 05 Mei 2022 15:43
Jakarta: Menteri Sekretaris Negara telah menerbitkan Keputusan Mensesneg Nomor 105 Tahun 2022 tentang Tim Transisi Pendukung Persiapan Pembangunan dan Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN). Melalui beleid tersebut, pemerintah membentuk sebuah tim yang dipimpin Bambang Susantono dan diwakili Dhony Rahajoe selaku kepala dan wakil kepala IKN.
 
Tim tersebut akan mengawal proses pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara hingga tuntas. Tim transisi bertugas mengonsolidasikan penyelenggaraan program/kegiatan yang dilaksanakan oleh kementerian/lembaga dan Otorita Ibu Kota Nusantara dalam rangka persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN.
 
"Tim transisi memfasilitasi tindak lanjut arahan/kebijakan Presiden (Presiden Joko Widodo) guna memperlancar dan mempercepat persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN, serta memfasilitasi kegiatan sinkronisasi perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN," demikian tertuang dalam Pasal 3 Keputusan Mensesneg Nomor 105 Tahun 2022, Jakarta, Kamis, 5 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tim transisi mulai bekerja secara efektif sejak keputusan Mensesneg ditetapkan pada 28 April 2022.
 
Baca: Ibu Kota Pindah, Jakarta Bisa Disulap Serupa New York
 
Presiden Joko Widodo memutuskan lokasi IKN akan pindah ke Kalimantan Timur pada 18 Agustus 2019. Terdapat beberapa aspek yang mendorong pengambilan keputusan tersebut, di antaranya yakni pemerataan populasi, meningkatkan pertumbuhan ekonomi di luar Pulau Jawa, serta terjadi krisis sumber air bersih di Jawa.
 
Lalu, terjadinya urbanisasi yang terkonsentrasi di kota metropolitan Jakarta, serta penurunan daya dukung dan tingginya tingkat kerugian ekonomi di Jakarta. Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis H Sumadilaga mengatakan pemindahan ibu kota bentuk pemerintah tengah berusaha mengembangkan ekosistem tiga kota.
 
IKN diarahkan sebagai katalisator bagi Kalimantan Timur dengan mendorong pembangunan ekonomi masa depan melalui kerja sama segitiga kota, yakni Samarinda, Balikpapan, dan IKN.
 
Samarinda sebagai jantungnya yaitu pusat sejarah Kalimantan Timur dengan sektor energi yang diremajakan. Balikpapan sebagai otot, yakni hilir migas dan logistik Kalimantan Timur. Sedangkan IKN sebagai pusat syaraf, inti pemerintah, dan pusat inovasi hijau.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif