Survei LSI Sebut Airlangga dan Moeldoko Potensial jadi Cawapres Jokowi

Sunnaholomi Halakrispen 15 Mei 2018 08:39 WIB
pilpres 2019
Survei LSI Sebut Airlangga dan Moeldoko Potensial jadi Cawapres Jokowi
Presiden Joko Widodo . Medcom.id/ Desi A.
Jakarta: Lembaga Survei Indonesia (LSI) melakukan survei terkait kelayakan beberapa kandidat yang dijagokan menjadi pasangan Joko Widodo dalam Pilpres 2019 mendatang. Berdasarkan pengukuran, nama Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dinyatakan paling tinggi.

"Menurut expert dan para ahli, Airlangga Hartanto adalah calon kuat dari kalangan partai untuk mendampingi Jokowi di pemilihan presiden 2019," ujar Peneliti Senior LSI Adjie Alfaraby di kantornya, Jakarta Timur, Senin, 14 Mei 2018.

Adjie menyatakan Airlangga paling tinggi di antara para cawapres potensial yang direncanakan akan diajukan partai lain, seperti Budi Gunawan dan Puan Maharani.


Selain nama Airlangga, Adjie juga menyebutkan nama Moeldoko sebagai cawapres yang potensial dari tokoh militer dibandingkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Gatot Nurmantyo. Sedangkan dari tokoh Islam, nama TGB Zinul Madji mengungguli Muhaimin Iskandar dan Romahurmuziy.

Hasil penelitian kelayakan cawapres dari ketiga bidang tersebut dinilai berdasarkan metode expert judgment dengan mengukur enam indeks. Keenamnya di antaranya menambah dukungan elektabilitas, menambah kecukupan partai, dan menambah kapasitas kemampuan pemerintah.

Kemudian, akseptabilitas atau kenyamanan capres berpasangan, mengakomodasi kelompok politik penting, seperti agama, suku, militer atau sipil, serta menambah dana untuk kampanye.



(SCI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id