Parpol Perlu Diperlakukan Adil
Elite partai. Ilustrasi: Medcom.id/Rakhmat Riyandi.
Jakarta: Negara dianggap perlu memperlakukan partai politik (parpol) dengan adil. Ini lantaran kewenangan parpol cukup besar di era demokrasi. 

"Kita percayakan partai politik kawal sumber daya negara yang jutaan triliun. Kita tempatkan di UU (undang-undang), tapi kenapa enggak adil ke parpol," kata ahli hukum tata negara Irmanputra Sidin dalam diskusi "20 Tahun Reformasi: Demokrasi di Simpang Jalan", di Gedung Metro TV, Jakarta Barat, Kamis, 26 April 2018. 

Menurut dia, pemerintah perlu memikirkan cara agar parpol tak dipusingnya mencari uang sendiri. Pasalnya, masalah keuangan parpol membuat mereka sulit berkonsentrasi menjalankan fungsi legislasi dan pengawasan terhadap eksekutif.


"Dulu mungkin (parpol) paling dipercaya, urus negara, tapi enggak dipikirkan makan dari mana," ungkap Irman. 

Baca: Reformasi Masih Jauh dari Impian

Dia menilai bila parpol sudah siap dalam pendanaan, masalah rasuah bisa diminimalisasi. "Yang sekarang adalah korupsi politik karena ada di parpol yang cari makan," jelas dia.

Irman menuturkan parpol penting untuk memperkuat parlemen. Parpol pun yang bakal menentukan calon presiden. Mereka pun ikut menyeleksi jabatan publik lainnya sehingga perlu mendapatkan dukungan untuk menghindari penyimpangan. 



(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id