Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) menggelar halalbihalal di Pemkab Jombang, Jawa Timur. Foto: Antara/Syaiful Arief
Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) menggelar halalbihalal di Pemkab Jombang, Jawa Timur. Foto: Antara/Syaiful Arief

Komisi ASN Dukung Wacana ASN Kerja dari Rumah

Nasional PNS Kerja di Rumah
Damar Iradat • 10 Agustus 2019 15:39
Jakarta: Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mendukung penuh rencana pemerintah agar ASN dapat bekerja dari rumah. Namun begitu, penerapan ini dinilai belum bisa dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia.
 
"Secara prinsip (KASN) mendukung secara penuh," kata Komisioner KASN Waluyo saat dihubungi Medcom.id, Sabtu, 10 Agustus 2019.
 
Kendati begitu, menurut Waluyo, secara teknis rencana tersebut tidak semua bisa diterapkan sepenuhnya. Sebab, kerja ASN yang sifatnya pelayanan ke masyarakat harus dilakukan secara tatap muka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Oleh sebab itu, ia menilai, rencana tersebut harus disiapkan dengan matang. Beberapa hal juga perlu ditelaah lebih lanjut agar rencana ini berjalan, seperti sistem manajemen kerja, sasaran kinerja pegawai, dan sistem pengawasan harus ajek.
 
Waluyo melanjutkan, kriteria ASN yang dapat bekerja dari rumah juga tak bisa sembarangan. Ia mencontohkan, ASN yang dapat bekerja dari rumah hanyalah pegawai yang kinerjanya bagus selama ini.
 
"Penerapan bisa dilakukan secara bertahap. Umpamanya, penerapan hanya bisa dilakukan atau mereka hanya pegawai-pegawai yang kinerjanya bagus," tutur dia.
 
Ia juga meminta agar pemerintah tidak buru-buru menerapkan rencana terrsebut. Sebab, menurutnya, mekanisme, aturan, dan pengendalian juga harus sempurna.
 
"Sehingga hasilnya bisa optimal," ujarnya.
 
Wacana agar PNS bisa bekerja dari rumah sebelumnya dilontarkan Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Setiawan Wangsaatmaja. Kemenpan-RB pun tengah mendesain sistem kerja PNS di kementerian dan lembaga agar bisa bekerja lebih fleksibel dengan meniru sistem kerja perusahaan rintisan atau startup.
 
Baca:Jika Produktif, tak Ada Salahnya PNS Kerja di Rumah
 
Fleksibilitas kerja dinilai menjadi hal penting menyusul prediksi terjadinya perubahan besar pada profil pekerja pada 2024, termasuk PNS sudah melek teknologi.
 
"Kami sedang rencanakan itu, kerja dari rumah bisa, kerja dari ujung sana juga bisa, nanti diatur bagaimana aturannya," kata dia dalam diskusi Forum Merdeka Barat, Kamis, 8 Agustus 2019.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif