Ilustrasi alutsista/Antara/Siswowidodo
Ilustrasi alutsista/Antara/Siswowidodo

Investasi Alutsista Diharap Selesaikan Persoalan Pertahanan

Nasional alutsista tni tni investasi kendaraan militer Kementerian Pertahanan
Theofilus Ifan Sucipto • 03 Juni 2021 12:42
Jakarta: Masalah di sektor keamanan Indonesia diharapkan terjawab melalui proyeksi pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) untuk 25 tahun ke depan. Modernisasi alutsista dinilai sudah mendesak.
 
“Kami berharap (investasi pertahanan) menyelesaikan beberapa persoalan di sektor pertahanan yang menonjol,” kata Direktur Eksekutif Lembaga Studi Pertahanan dan Studi Strategis Indonesia (Lesperssi), Rizal Darma Putra, dalam keterangan tertulis, Kamis, 3 Juni 2021.
 
Rizal menyebut investasi 25 tahun itu mendorong pemenuhan kebutuhan alat peralatan pertahanan dan keamanan (alpalhankam) TNI. Pelaksanaannya harus lebih cepat, terarah, sinergis, dan menguntungkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kemudian berkontribusi terhadap industri pertahanan dalam negeri,” papar dia.
 
Baca: Proyeksi Seperempat Abad Alutsista Dinilai Ideal
 
Proyeksi pengadaan alutsista juga ditargetkan memudahkan pembangunan sistem alpalhankam TNI. Sehingga, menjadi solusi bagi masalah interoperabilitas atau kebutuhan terpadu antaralutsista.
 
“Lalu menyerap banyak lapangan kerja baru dan menggerakan ekonomi nasional,” tutur Rizal.
 
Sebelumnya, Rancangan Peraturan Presiden (Perpres) Alpalhankam memproyeksikan pengadaan alutsista 25 tahun ke depan. Pembelian alutsista bakal dituangkan dalam Rencana Strategis (Renstra) 2019-2024.
 
"Jadi, kita belanja (alutsista) pada renstra pertama untuk kebutuhan 25 tahun," kata juru bicara (jubir) Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 2 Juni 2021.
 
Dia menjelaskan Prabowo membuat rencana tersebut agar pengadaan peralatan pertahanan dilakukan dalam satu gelombang. Setelah itu, Indonesia fokus pada perawatan alutsista.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif