Ilustrasi korona. Medcom.id
Ilustrasi korona. Medcom.id

Pemda Diminta Siapkan 'Amunisi' Menghadapi Pandemi

Nasional survey Virus Korona DPR RI pandemi covid-19 protokol kesehatan Satgas Covid-19
Anggi Tondi Martaon • 20 Mei 2021 08:39
Jakarta: Pemerintah daerah diminta menyiapkan sejumlah hal menghadapi pandemi. Ketersediaan alat kesehatan (alkes) di tiap pelayanan kesehatan daerah sangat penting untuk menangani covid-19.
 
“Pemerintah daerah, khususnya Bupati Deli Serdang, perlu mengalokasikan anggaran untuk alat kesehatan hingga sarana prasarana kesehatan, yang tersebar di rumah sakit daerah maupun puskesmas," kata anggota DPR Rudi Hartono Bangun saat kunjungan kerja Komisi VIII ke Kantor Bupati Deli Serdang, Sumatra Utara (Sumut), Rabu, 19 Mei 2021.
 
Politikus NasDem itu mengingatkan alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) mesti fokus menunjang sektor kesehatan. Dia mengaku banyak mendapat masukan ihwal ketersediaan alkes dari tokoh masyarakat di Sumut. Banyak warga terpapar covid-19 diisolasi di rumah dan tidak terdata.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemudian kondisinya semakin menurun dan banyak yang akhirnya meninggal dunia," kata dia.
 
(Baca: Presiden Dorong Kerja Sama Daerah Menangani Pandemi)
 
Seluruh pihak diminta melihat penanganan pandemi di negara lain. Misalnya, Selandia Baru yang tak mencatat penambahan baru kasus covid-19 lantaran warganya disiplin menerapkan protokol kesehatan.
 
"Beda dengan warga kita yang masih banyak acuh dan bengal. Malahan ketika saya mengunjungi sebuah acara di salah satu tempat di Sumut, saat saya tanya kenapa tidak memakai masker, mereka malah bilang kalau covid-19 tidak sampai ke sini,” kata dia.
 
Rudi menegaskan hal tersebut mesti menjadi perhatian serius pemerintah. Khususnya, menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan pada masyarakat di Sumut.
 
Dalam kunjungan kerja tersebut, hadir pula Wakil Ketua Komisi VIII Marwan Dasopang, Direktur Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan jajaran direktur jenderal Kementerian Sosial (Kemensos). DPR, BNPB, dan Kemensos menyalurkan bantuan kepada Pemkab Deli Serdang. BNPB menyumbang dana tanggap bencana Rp300 juta dan Kemensos menyumbang Rp600 juta.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif